Atasi Persoalan Sampah, Balai Taman Nasional Bunaken Serahkan Bantuan Armada Motor Tiga Roda pada Desa Arakan

Senin, 21 Januari 2019

Manado, 21 Januari 2019. Bertempat di kantor Balai Taman Nasional Bunaken bantuan motor tiga roda (Viar) diberikan kepada kelompok sampah "Sama Senang" dari Desa Arakan, Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minahasa Selatan.

Desa Arakan merupakan salah satu Desa Penyangga di bagian selatan Taman Nasional Bunaken. Desa dengan masyarakat yang bermukim Suku Bajo menjadi salah satu desa sentra utama perikanan di Kabupaten Minahasa Selatan.

Bantuan motor sebagai armada sampah Desa Arakan bukan tanpa alasan. Pada tahun 2014 Desa Arakan merupakan desa project climate change CTI-CFF dimana dalam program tersebut merupakan proses awal Desa Arakan sebagai Desa Percontohan dalam pengelolaan sampah berbasis komunitas. Kemudian Penetapan Desa Wisata Di Kabupaten Minahasa Selatan berdasarkan Peraturan Bupati Minahasa Selatan Nomor 7 Tahun 2017, serta terdapat pula Pos TNI AL yang berfungsi pula sebagai pembinaan potensi maritim masyarakat pesisir. Selanjutnya pada Bulan Nopember 2017 Balai TN Bunaken bersama Lantamal VIII menyelenggarakan festival kerakyatan dalam Karnaval Katinting untuk mempromosikan desa ekowisata bahari.

Penyerahan bantuan motor 3 roda armada sampah diserahkan langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Bunaken dan diterima oleh Ketua Kelompok Sama Senang Ibu Yasaluna Adi, dengan disaksikan oleh Aspotmar Lantamal VIII Kol. Laut Rumpoko dan Hukum Tua Arakan Ibrahim Musa.

Dr. Farianna Prabandari dalam sambutannya menyampaikan bahwa motor sampah ini harap dioptimalkan dan diberdayagunakan sebagaimana mestinya, tidak hanya untuk Desa Arakan saja, tetapi desa-desa penyangga lainnya di kawasan selatan Kecamatan Tatapaan.

"Selain sebagai armada sampah, motor ini juga fungsional bisa sebagai angkutan wisata berkeliling desa, dengan perawatan dan dijaga kebersihan motornya", tutur Kepala Balai.

Disisi lain Asisten Pembinaan Potensi Maritim Lantamal VIII, Kol. Laut Rumpoko sangat mengapresiasi langkah Balai Taman Nasional Bunaken, ini baru pertama kalinya sejak kami mengupayakan adanya pembinaan masyarakat di wilayah pesisir kemudian mendapatkan fasilitas armada pengangkut sampah. Akan kami cek penggunaannya dan kami bantu mengawasi implementasinya dilapangan, karena kebetulan di Desa Arakan terdapat Pos TNI AL.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini