Sekditjen KSDAE Resmikan Breeding Insitu Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Jumat, 14 Desember 2018

Tinanggea, 14 Desember 2018. Agenda selanjutnya kunjungan Sekretaris Ditjen KSDAE, Ir. Herry Subagiadi, M.Sc di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai adalah meresmikan Breeding Insitu Rusa Timor TNRAW pada Rabu, 12 Desember 2018 . Dalam acara peresmian ini yang ditandai dengan penandatanganan prasasti ini juga turut hadir beberapa stakeholder terkait yaitu Camat Tinanggea, Kapolsek Tinanggea dan beberapa Kepala Desa sekitar kawasan TNRAW

Pada acara ini, setibanya rombongan di lokasi, mereka disambut dengan alunan Mars Rimbawan dengan menggunakan musik bambu yang dimainkan oleh anak – anak dari SD/SMP SATAP Lanowulu. Sekditjen KSDAE menyampaikan bahwa Rusa (Cervus timorensis) merupakan ikon TNRAW semakin hari semakin langka dan sulit ditemukan. Bahkan dalam beberapa tahun sangat jarang terlihat lagi.

Dalam rangka pengembangannya, Balai TNRAW berencana akan melibatkan masyarakat sekitar kawasan. Hal ini dimaksudkan supaya areal breeding dapat dikelola secara intensif sehingga keamanan  rusa  lebih  terjamin dan pada gilirannya dapat memberikan  dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Sebagai kawasan konservasi, Balai TNRAW berkewajiban untuk menjamin keberadaan satwa Rusa Timor yang memiliki ikatan historis tak terpisahkan dengan sejarah penunjukan kawasan.

Breeding In-situ Rusa Timor ini di bangun pada bulan agustus 2018 dengan ukuran 40 x 90 m. Lokasi Demplot pengembangan penangkaran rusa timor ini telah dipagari setinggi ± 2,0 m menggunakan Kawat besi dengan menggunakan sistem mini ranch atau semi terkurung dimana rusa dibiarkan merumput di dalam areal penangkaran dengan sumber pakan alami. Penangkaran rusa dengan sistem mini ranch diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hidup seperti di habitat alamnya.

Breeding Insitu Rusa Timor selain memiliki nilai strategis untuk pengembangbiakkan populasi, juga memiliki nilai pariwisata dan nilai pendidikan yang semuanya berdampak positif untuk membangun kesadaran masyarakat luas, baik akademisi, peneliti, masyarakat lokal maupun wisatawan terhadap upaya perlindungan habitat dan populasi rusa timor di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

    

Sumber : Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini