Buaya Terperangkap di Saluran Irigasi Berhasil Dievakuasi

Rabu, 12 Desember 2018

Kuasing, 9 Desember 2018. Camat Benay melaporkan tentang adanya Buaya yang terperangkap di saluran Irigasi persawahan di Desa Talontam Kec. Benay, Kab. Kuansing, Prov. Riau.

Kepala Balai Besar KSDA Riau segera mengirimkan Tim Rescue ke lokasi TKP untuk menangani masalah tersebut sebelum jatuh korban jiwa.

Kepala Resort Petai Ar Azmi tiba di lokasi pada  pukul 15.10 WIB dan mendapati Buaya telah di tangkap warga  serta diamankan di kantor  Polsek Benay.

Tidak berselang lama, Kepala Seksi Wilayah l, Laskar Jaya Permana bersama anggota tambahan tiba di lokasi TKP dan melakukan koordinasi dengan Camat, Polsek Benay  dan Kepala Desa  Talontam untuk mengamankan satu ekor Buaya Muara (Crocodylus porosus) dengan panjang berkisar 3 meter.

Berdasarkan observasi yang dikumpulkan dan menyaksikan kondisi lapangan, Buaya muncul akibat meluapnya volume air Sungai Kuantan, sehingga Buaya terjebak masuk ke aliran irigasi. Informasi yang diperoleh dari Kepala Desa menyebutkan setidaknya ada 5 (lima) ekor Buaya yang terjebak di saluran sekunder irigasi.

Tim segera melakukan evakuasi dan menitipkan satwa tersebut di lembaga konservasi Kasang Kulim sebelum nantinya kembali dilepasliarkan.

Langkah selanjutnya Tim segera memasang spanduk rawan Buaya dan melakukan sosialisasi serta melakukan pendalaman tentang jumlah satwa Buaya secara pasti untuk kemudian akan dilakukan upaya evakuasi.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini