Sosialisasi Penanaman Rehabilitasi Kawasan SM Pelaihari

Jumat, 23 November 2018

Swarangan, 23 November 2018 – Bertempat di Kantor Desa Swarangan Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Penanaman Rehabilitasi Kawasan Hutan Konservasi  Suaka Margasatwa Pelaihari oleh PT. Adaro Indonesia Selaku pemegang IPPKH dan  PT. Inhutani III selaku Pelaksana Kegiatan (Vendor)   di Desa Swarangan Kec. Jorong Kab. Tanah Laut.  Kegiatan ini juga dihadiri oleh pihak BKSDA Kalsel selaku pemangku kawasan (Bu Mirta Sari dan Tim), Sekretaris Desa, Aparat Desa dan Tokoh Masyarakat serta perwakilan warga Desa Swarangan.

Dalam Kesempatan tersebut, Ir. Rahmanadi selaku Manajer PT. Inhutani III menjelaskan bahwa mereka adalah sebagai pihak pelaksana kegiatan penanaman untuk rehabilitasi di kawasan SM Pelaihari yang sumber dananya berasal dari PT. Adaro Indonesia.  Sosialisasi Penanaman seluas 246 Ha di kawasan Suaka Margasatwa Pelaihari selain menjelaskan terkait teknis penanaman dan melibatkan warga Desa Swarangan dalam pelaksanaannya juga membahas permasalahan dan ancaman selama kegiatan penanaman.  Permasalahan utama dalam kegiatan penanaman adalah penggembalaan ternak sapi yang berjumlah ratusan ekor di dalam kawasan SM Pelaihari yang dilepaskan secar liar.  Keberadaan ternak sapi dapat mengancam keberhasilan kegiatan penanaman karena dapat menginjak ataupun memakan tanaman yang ditanam.  Melalui kegiatan ini disampaikan kepada pemilik ternak agar bisa menjaga ternaknya supaya tidak menggangu tanaman.

Terkait permasalahan penggembalaan ternak sapi ini pihak BKSDA Kalsel diwakili oleh Kepala SKW I Pelaihari  Mirta Sari, S.Hut, MP menyampaikan agar ternak sapi bisa dikonsentrasikan pada satu lokasi tertentu dan dikandang agar tidak mengganggu taaman yang ditanam.  Selain itu sesuai dengan arahan Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc juga disampaikan bahwa dalam pelaksanaan penanaman dan penyelesaian masalah sapi di kawasan akan dilaksananakan melalui skema kemitraan konservasi yang melibatkan warga setempat sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.  Dari Pihak PT. Adaro yang diwakili oleh Bapak Ade juga mendukung dan menyerahkan terkait penyelesaian kepada pihak BKSDA Kalsel dan PT. Inhutani III.
Kegiatan penanaman ini juga disambut baik oleh aparat dan tokoh masyarakat serta warga Desa Swarangan yang dimana secara administratif berbatasan langsung dengan SM Pelaihari. Terkait permasalahan ternak sapi,  pemilik ternak siap membantu untuk mengalihkan  ternaknya ke lokasi yang nantinya akan disepakati pada pertemuan selanjutnya. Selain itu warga sangat mengharapkan keterlibatannya dalam kegiatan penanaman ini dan sangat mendukung kegiatan tersebut. 

Dalam kegiatan sosialisasi penanaman ini juga disampaikan kepada warga yang akan terlibat dalam kegiatan tersebut untuk berkomitmen menjaga kawasan yang dijadikan areal rehabilitasi serta kawasan SM Pelaihari secara umumnya dari aktifitas berupa gangguan maupun ancaman yang dapat menghambat serta merusak hutan Suaka Margasatwa Pelaihari. (jrz)

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini