Monitoring Gajah Sumatera oleh BKSDA Jambi dan Mitra

Senin, 05 November 2018

Sarolangun, 5 November 2018. Selama tanggal 17-23 Oktober 2018 Tim BKSDA (Polhut Sdr. Asib dan Agus Tubel) bersama Tim FZS dan YKSLI melakukan monitoring terhadap Gajah Sumatra (elephas maximus sumatrensis) berinisial L yang telah di translokasi di Lansekap Hutan Harapan PT. REKI. Pada tanggal 17 Oktober Gajah terpantau oleh tim masih berada di dalam kawasan PT. REKI dan berada di lokasi yang aman sehingga tim hanya melakukan monitoring posisi Gajah pada hari itu. Keesokan hari pada tanggal 18-19 Oktober tidak ada update lokasi Gajah L sehingga tim hanya melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi terhadap masyarakat yang bermukim disekitar lokasi pelepasan gajah.

Pada tanggal 20 Oktober, Gajah L masih belum mengirim koordinat lokasi maka tim dari FZS dan YKSLI mengusulkan untuk pengecekan langsung ke lapangan terhadap posisi terakhir Gajah L yang terekam. Tim khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap Gajah L mengingat bahwa masayarakat daerah tersebut banyak memiliki senjata api rakitan jenis kecepek. Menanggapi usulan tersebut, tim BKSDA Jambi berkonsultasi dengan Kepala SKW I dan Koordinator Polhut Balai KSDA Jambi mengingat posisi Gajah masuk kedalam Provinsi Sumatera Selatan (di luar wilayah kerja Balai KSDA Jambi). Tim mendapatkan arahan untuk tidak bergerak dahulu sebelum ada konfirmasi antara Balai KSDA Jambi dan Balai KSDA Sumatera Selatan.

Pada tanggal 21 Oktober akhirnya Gajah L mengirimkan koordinat lokasi. Pada malam sebelumnya terjadi hujan lebat di kawasan PT. REKI dan sekitarnya, perkiraan tim adalah radio collar yang dipasang pada Gajah L tertutup lumpur sehingga mengganggu fungi dari GPS tersebut sehingga tidak bisa mengirim koordinat. Selanjutnya tim melakukan patroli ke arah Gajah L namun tidak sampai bertemu dikhawatirkan akan mengganggu satwa tersebut. Pada tanggal 22-23 Oktober posisi Gajah L terpantau berada dikawasan PT. REKI sehingga tim hanya melakukan patroli dan sosialisasi ke masyarakat.

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini