Si Raja Hutan Menampakkan Diri

Jumat, 02 November 2018

Kerinci, 1 November 2018. BKSDA Jambi mendapatkan laporan bahwa telah terjadi konflik harimau (Panthera tigris sumatrae) di Dusun Serpih Desa Muara Hemat Kab. Kerinci. 2 Ekor harimau dilaporkan berkeliaran di kebun masyarakat setempat. Lokasi kejadian terletak di areal APL sekitar 600 meter dari kawasan TNKS. Tim BKSDA Jambi langsung meluncur ke TKP guna melakukan pengusiran satwa harimau tersebut dan memberikan penyuluhan kepada masayrakat sekitar lokasi. Penyuluhan juga dihadiri oleh Sekdes Muara Hemat Bpk. Ali Akbar, Tim BKSDA menghimbau masyarakat agar selalu waspada dan langsung melaporkan apabila terjadi konflik satwa dan jangan beraktivitas sendirian dikebun minimal membawa teman.

Untuk antisipasi lebih lanjut, Tim BKSDA (Tim satgas mitigasi konflik SKW-1 BKSDA Jambi, BBTNKS, MHS, KPHP unit 1 Kerinci dan Anggota FFI) memberikan bantuan meriam spritus sebanyak 2 unit dan mercon untuk pengusiran satwa dengan bunyi bunyian kepada Sdr. Agus selaku pemilik kebun yang dihampiri oleh harimau. Berdasarkan info dari  tetua desa, sejak dulu kebun milik Sdr. Agus memang merupakan home range atau daerah perlintasan satwa harimau. Beruntung konflik ini tidak ada korban dikarenakan masyarakat cepat melaporkan kejadian.

Kepala SKW I BKSDA Jambi, Udin Ikhwanuddin mengatakan “Tim BKSDA dan teman teman sudah turun ke lapangan untuk melakukan tindakan pengusiran terhadap satwa, alhamdulillah tidak ada korban dan kami juga telah memberikan penyuluhan dan bantuan terkait konflik satwa ini. Untuk kedepan kami harap masyarakat cepat melapor seperti saat ini apabila terjadi konflik satwa lagi.”

 

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini