Menilik Biodiversitas Burung di Wilayah Resort Selo

Jumat, 02 November 2018

Boyolali, 2 November 2018. Resort Selo menjadi satu dari 5 resort yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) dengan wilayah admistrasi terdiri dari 7 desa di Kecamatan Selo, serta obyek wisata jalur pendakian Selo dan wisata Bukit Kinasih. Tipe ekosistem di wilayah Resort Selo sangat lengkap dengan tipe hutan alam di blok Tulangan, hutan campur di blok Pitikan dan hutan tanaman eks Perhutani. Terkait potensi satwa jenis burung di wilayah Resort Selo terdapat data awal hasil penelitian dari mahasiswa UGM tahun 2012 yaitu Hary Sakti AP dengan hasil perjumpaan burung 33 jenis.

Kurun waktu Mei – Oktober 2018 ini hasil pengamatan dan catatan perjumpaan jenis burung di wilayah Resort Selo oleh petugas PEH – pengendali ekosistem hutan (Jarot Wahyudi dan Stefanus Mau Ati) sedikitnya telah terkumpul 50 jenis burung dengan dokumentasi foto lengkap. Sebagian besar perjumpaan berada di sepanjang jalur pendakian Selo, kemudian beberapa dari wilayah blok Bukit Kinasih, Tuk Babon, Tuk Pakis dan perbatasan hutan dengan lahan pertanian.

Pengumpulan data perjumpaan burung ini dilakukan melalui kegiatan yang dikelola secara mandiri oleh PEH di Resort Selo dan kegiatan teknis yang diagendakan tingkat Balai TNGMb melalui penganggaran rutin DIPA. Perkembangan pengelolaan kawasan taman nasional memberikan input tupoksi petugas lapangan (PEH) untuk berinovasi dan berkarya lebih luas sesuai dengan potensi resort dan personilnya. Hal ini juga sebagai transfer knowledge bagi teman-teman PEH di taman nasional lainnya di Indonesia. Khusus potensi burung telah banyak karya dari beberapa taman nasional dalam bentuk buku, tulisan/artikel, buletin, bahkan sampai aplikasi panduan burung berbasis telepon genggam (Burungnesia).

Selengkapnya : Menilik Biodiversitas Burung di TN Gunung Merbabu

Sumber : Jarot Wahyudi, S.Hut - PEH Pertama Balai Taman Nasional Gunung Merbabu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini