Bibit & Sarpras Pendakian Untuk Masyarakat Desa Penyangga TN Batang Gadis

Kamis, 01 November 2018

Panyabungan, 1 November 2018. Salah satu upaya pemberdayaan masyarakat yang di lakukan Balai Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) adalah penyerahan bibit kepada kelompok masyarakat desa Aek guo dan Sopotinjak  serta penyerahan bantuan sarana prasarana pendakian kepada kelompok Ranger Sorik Marapi desa Sibanggor Julu,  ketiga desa tersebut merupakan desa Penyangga Taman Nasional Batang Gadis yang berada di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Muarasoma. Penyerahan bantuan itu diserahkan Siti Wahyuni mewakili Kepala Balai Taman Nasional Batang Gadis selaku Kepala SPTN Wilayah III Muarasoma. Acara Serah terima ini dihadiri Bapak Sekcam Batang Natal, Sekcam PSM dan Kades serta pengurus kelompok bertempat di Rest Area Desa Sopotinjak Mandailing Natal.

“Kami selaku pemerintah Kec.Batang Natal berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada Pihak TNBG yang telah mengambil peran dalam pengembangan ekonomi masyarakat desa kami , semoga bantuan ini bisa kami manfaatkan dan memberikan hasil yang bagus untuk kedepan nya “ ujar bapak Ali sahbana selaku Sekcam kec. Batang Natal .

Keberadaan masyarakat desa penyangga Taman Nasional Batang Gadis mempunyai peran strategis yaitu untuk mengamankan dan atau melindungi kawasan taman nasional dari berbagai bentuk ancaman. Peran strategis tersebut tidak akan dapat diimplementasikan apabila sumberdaya manusia masyarakat  desa  penyangga dalam posisi tawar yang lemah, artinya dimana ekonomi masyarakatnya masih prasejahtera,sehingga  tidaklah heran apabila yang semestinya masyarakat menjadi pelaku utama dalam pengelolaan kawasan justru berbalik menjadi oknum pelaku pengrusakan atau perambah kawasan hutan. “Masyarakat Sejahtera Hutan Lestari” adalah sebuah jargon yang di gencar-gencarkan oleh Kemen LHK, untuk mewujudkan itu pihak TNBG terus melakukan upaya yang nyata dan berperan dalam meningkatkan kesejahtraan ekonomi masyarakat  daerah penyangga .

Sumber : Siti Wahyuna - Ka. SPTN III Muarasoma Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini