Patroli Gabungan Balai Taman Nasional Sebangau dan Polsek Bukit Batu

Rabu, 31 Oktober 2018

Palangkaraya. Untuk meningkatkan upaya pengaman kawasan TN Sebangau dari aktivitas illegal seperti illegal logging dan perambahan, pihak Balai TN Sebangau melaksanakan patroli gabungan dengan melibatkan pihak Polsek Bukit Batu. Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu ke empat Bulan Oktober. Kegiatan patroli gabungan dilaksanakan oleh Ka SPTN Wilayah I, Kepala Resort Habaring Hurung, fungsional PEH, anggota Brigdalkarhut TN Sebangau, dan anggota Polsek Bukit Batu. Kapolsek Bukit Batu (IPDA Arif Dany Susanto, S.H) ikut langsung dalam kegiatan patroli gabungan pengaman kawasan TN Sebangau.

“Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari upaya pengamanan kawasan Taman TN Sebangau, khususnya yang berada di wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Palangka Raya yaitu Resort Habaring Hurung. Target lokasi patroli adalah lokasi-lokasi yang rawan terjadi illegal logging dan perambahan seperti di Jalan Tjilik Riwut KM 42 dan lokasi KM 44, KM 47 yang sebelumnya terdapat temuan kayu hasil illegal logging yang telah dilakukan pemusnahan di lokasi tersebut” ungkap Lisna Yulianti (Kepala SPTN Wilayah I Palangka Raya).

Akses yang mudah karena dekat dengan jalan provinsi, lahan yang memiliki nilai komersil yang tinggi karena berada di Ibukota Propinsi Kalimantan Tengah mengakibatkan tingkat gangguan keamanan, khususnya di wilayah SPTN Wilayah I Palangka Raya sangatlah tinggi, mengingat kawasan Taman Nasional yang terkenal akan kegiatan restorasi gambutnya ini terletak dekat dengan jalan Propinsi Kalimantan Tengah yakni Jalan Tjilik Riwut. Dari hasil patroli ditemukan adanya pembukaan jalan tepat di batas Kawasan TN Sebangau yang terletak di Jalan Tjilik Riwut KM 42, tetapi dari hasil pengamatan di lapangan sudah tidak terdapat aktivitas eksavator di batas kawasan Taman Nasional.

Kegiatan patroli gabungan pengamanan kawasan merupakan upaya Balai Taman Nasional Sebangau untuk terus melindungi dan mengamankan kawasan Taman Nasional Sebangau dari gangguan keamanan kawasan hutan.

Sumber : Balai Taman Nasional Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini