Kapolda Kalbar Nobatkan Duta Danau Sentarum

Jumat, 26 Oktober 2018

Lanjak, 25 Oktober 2018. Puncak Pemilihan Duta Danau Sentarum digelar dengan meriah dan menampilkan kesepuluh finalis yang muda dan berbakat. Seleksi akhir para finalis diberikan pertanyaan seputar pelestarian Taman Nasional Danau Sentarum sebagai potensi ekowisata unggulan di Kabupaten Kapuas Hulu. Dari hasil penilaian tim juri, terpilihlah Duta Danau Sentarum tahun 2018 yaitu Suganda Prapagama Untung berasal dari Kecamatan Putussibau Selatan dan Theressa Delfiyanti yang berasal dari Kecamatan Semitau. Piala untuk para juara diserahkan oleh Bapak Kapolda Kalimantan Barat didampingi oleh Bupati Kapuas Hulu, Deputi Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata, Sekretaris Daerah Kapuas Hulu serta Kepala Balai Besar Tana Bentarum.

Pemilihan Duta Danau Sentarum 2018 ini merupakan kegiatan perdana yang diprakarsai oleh Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Kab. Kapuas Hulu, Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kab. Kapuas Hulu serta Jainur TIM dan merupakan rangkaian dari Festival Danau Sentarum.

Sasaran kegiatan ini adalah Putra Putri Kabupaten Kapuas Hulu dari kalangan mahasiswa, pelajar dan umum. Jumlah peserta yang mendaftar awalnya berjumlah 52 orang yang berasal dari Kecamatan Putussibau Selatan dan Putussibau Utara, Bika, Kalis, Mentebah, Hulu Gurung, Semitau dan Batang Lupar. Sedangkan tujuannya adalah memilih Putra Putri terbaik dari Kabupaten Kapuas Hulu untuk membantu Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum beserta Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu dalam mewujudkan Taman Nasional Danau Sentarum sebagai pusat pelestarian keanekaragaman hayati Ramsar Site dan destinasi ekowisata unggulan di Jantung Borneo (Heart of Borneo). Selain itu kegiatan ini juga merupakan bagian dari pembinaan generasi muda agar lebih cinta lingkungan, budaya dan keanekaragaman hayati Kabupaten Kapuas Hulu pada umumnya dan Taman Nasional Betung Kerihun dan Taman Nasional Danau Sentarum pada khususnya. Keberhasilan dalam menjaga potensi alam dan budaya salah satunya ditentukan oleh keberhasilan dalam membina generasi mudanya.

Selama kurang lebih seminggu 52 peserta digembleng, dilatih serta diseleksi oleh para mentor sehingga tersisa 5 kandidat putri dan 5 kandidat putra. Para mentor yang digawangi oleh Muhamad Ilyas, Imam Buhari, Jainur Santoso dan Khotilde, memberikan bimbingan, mengasah dan meningkatkan potensi diri masing-masing peserta sehingga diharapkan mampu menjalankan tugasnya sebagai Duta Danau Sentarum
Penobatan Duta Danau Sentarum dilaksanakan oleh Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Irjen. Pol. Didi Haryono kepada Theressa Delfiyanti dan Sugandha sebagai Duta Danau Sentarum 2018. Theressa Delfiyanti Duta Putri Danau Sentarum, menyatakan bahwa Dia merasa bangga terpilih menjadi Duta Danau Sentarum dan berharap kedepannya dapat menjadi inspirator bagi generasi muda yang peduli akan kelestarian TNDS dalam menuju destinasi ekowisata berkelas dunia. Hal yang sama juga dirasakan oleh Sugandha merasa bangga karena dipercayai menjadi Duta Putra Danau Sentarum 2018.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, Arief Mahmud menyampaikan bahwa kegiatan Pemilihan Duta Danau Sentarum sangat baik karena nantinya Duta Danau Sentarum secara garis besar tugas yang harus dilakukan adalah menyebarkan isu pelestarian Danau Sentarum yang penting kepada masyarakat yang lebih luas dan mempromosikan kegiatan ekowisata Danau Senatrum. Taman Nasional Danau Sentarum merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional sehingga perlu kita jaga, oleh sebab itu dengan terpilihnya Duta Danau Sentarum, maka harapannya dapat menjadi penyambung lidah Tana Bentarum dan Pemerintah Daerah kepada masyarakat luas khususnya tentang wisata dan pelestarian danau, pungkas Arief.

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini