Festival Land of Edelweis TN Bromo Tengger Semeru Didukung Bupati Pasuruan

Selasa, 23 Oktober 2018

Malang, 23 Oktober 2018. Bertempat di Ruang Kerja Kantor Bappeda Kab. Pasuruan, Kepala Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ir. John Kenedie didampingi Kabidwil I Pasuruan, Kepala Seksi I Cemoro Lawang, Kasie P3, serta Muspika Kecamatan Tosari (Camat Kecamatan Tosari, Koramil Tosari, Kepala Desa Wonokitri, Kepala Desa Podokoyo, dan Kepala Desa Sedaeng)  diterima oleh H. Irsyad Yusuf selaku Bupati Pasuruan (22/10/2018). 

Kunjungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antara Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru, Muspika Kecamatan Tosari dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan. Pada kesempatan itu Ir. John Kenedie MM menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Pasuruan dan Muspika Kecamatan Tosari yang telah mendukung program dan pengelolaan TN Bromo Tengger Semeru. 

Pertemuan tersebut dimanfaatkan John untuk menyampaikan beberapa program TNBTS diantaranya Launching Wisata Desa Edelweis yang rencananya akan di resmikan pada acara Festival Land of Edelweis di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan tanggal 10 November 2018 serta penataan kantong parkir di view Penanjakan TN Bromo Tengger Semeru untuk mendukung pemberdayaan masyarakat sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut Bupati Pasuruan mengapresiasi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh TN Bromo Tengger Semeru melalui Ikon “Wisata Desa Edelweis” di Wonokitri. Bentuk apresiasi tersebut akan di implementasikan melalui Surat Keputusan  Bupati mengenai Desa Wisata Edelweis yang rencana akan ditandatangani pada saat acara Festival Land Of Edelweis. Sebagai tindak lanjut dukungan tersebut Pemerintah Daerah akan ikut  mempromosikan Desa Edelweis di Pameran Piatex (Pasuruan Industri Agro Tourisme Expo) di Jakarta 11 s.d 17 November, sekaligus memperkenalkan “Branding Wisata Desa edelweiss” sebagai wisata unggulan Kabupaten Pasuruan, selain dukungan pemasaran terhadap produk-produk  unggulan Kabupaten Pasuruan diantaranya Kopi Kapiten, Mangga Alpukat yang merupakan produk desa-desa sekitar TN Bromo Tengger Semeru.  Bupati Pasuruan juga bersedia hadir dan menjadi narasumber dalam talkshow di Festival Land Of Edelweis yg bertema " Desa Edelweis, Harmoni Konservasi dan Budaya Masyarakat Tengger di TNBTS”.

Pada tataran teknis untuk menyukseskan pelaksanaan Festival Land Of Edelweis Bupati Pasuruan menginstruksikan Tim Teknis Pemda di Pendopo Kantor Bupati Pasuruan agar berkoordinasi dengan panitia TNBTS untuk suksesnya penyelenggaraan Festival Land Of Edelweis tersebut.

Berkaitan dengan pelayanan pengunjung wisata di View Point Penanjakan Bupati juga mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh TNBTS yaitu penataan parkir view poin dengan harapan penataan lokasi parkir tersebut akan memberikan kenyamanan dan ketertiban transportasi bagi wisatawan yang melakukan kunjungan ke lokasi tersebut.

Dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan terhadap pengembangan program dan pengelolaan TNBTS tersebut diharapkan mampu mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat Kecamatan Tosari sekaligus jadi pemicu dan pemacu Pemerintah Daerah lain sekitar TNBTS (Kabupaten Malang, Kabupate Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo) untuk bersama-sama bersinergi dengan  TNBTS untuk meningkatkan pengelolaan kawasan konservasi sekaligus mampu meningkatkan sosial ekonomi dan budaya masyarakat sekitar TN Bromo Tengger Semeru.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini