Menghilang Lebih Dari 24 jam, Wisatawan Perancis Ditemukan Selamat.

Selasa, 11 September 2018

Pangkalanbun, 11 September 2018. Libur tahun baru hijriyah tahun 2018, rutinitas aktifitas wisata alam Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) tercela dengan kejadian wisatawan yang tersesat. Dua orang wisatawan asal Perancis yang merupakan paman dan keponakan, Alban Dudek, dan Jean Luc Dudek sejak siang tanggal 10 September 2018 belum kembali ke klotok, transportasi wisata khas Tanjung Puting yang mereka sewa. Terakhir, pukul 10.00 WIB mereka terlihat berjalan mengarah ke hutan didampingi guide lokal, tetapi belum kembali hingga senja. Karena kuatir keselamatan klien, kru klotok melaporkan kepada Tur Operator yang melayani kunjungan wisatawan tersebut dan kemudian diteruskan kepada pihak Balai Taman Nasional Tanjung Puting.

Segera, koordinasi upaya pencarian dilakukan. Sekitar pukul 21.00 WIB (10/9/2018) 16 orang yang terdiri dari personil HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) dan Balai TNTP serta Staf OFI mitra Balai TNTP melakukan penyisiran disekitar Pondok Tanggui, TNTP. Pencarian tidak mendapatkan hasil hingga dinihari, hingga pencarian sementara dihentikan. Menjelang pagi (11/9/2018), pencarian dilanjutkan dengan melibatkan personil lebih besar, tak kurang dari 50 orang yang berasal dari Polsek Kumai, Basarnas, Polairud serta masyarakat desa Sekonyer. Pukul 11.30, pencarian membuahkan hasil, wisatawan dan guide yang tersesat ditemukan tak jauh dari lokasi feeding Orangutan Pondok Tanggui. Seluruh korban selamat, hanya mengalami luka-luka ringan di kaki dan tangan karena tergores duri, serta mengalami kelelahan karena kehabisan makanan dan air.

Ir. Helmi, Kepala Balai TNTP berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. "Sangat disesalkan kejadian seperti ini terjadi, semua karena kelalaian dan kurangnya pengetahuan guide tentang kawasan TNTP serta kurang koordinasi dengan petugas Taman Nasional. Pembenahan dan evaluasi akan dilakukan segera agar kedepan tidak ada lagi kejadian serupa", imbuh beliau.

Sumber : Balai Taman Nasional Tanjung Puting

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini