Karhut Kembali Terjadi di TN Rawa Aopa Watumohai, Kepala Balai Pantau Langsung

Senin, 10 September 2018

Tatangge, 10 September 2018. Kebakaran Hutan kembali terjadi di kawasan TN Rawa Aopa Watumohai. Kali ini kebakaran terjadi di Blok Hutan Hukaea Resort Langkowala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) II pada Senin (10/9). Api mulai membakar kawasan savana hingga merembet ke semak - semak dan hutan. Sedikitnya 122,17 Ha kawasan hutan TN Rawa Aopa Watumohai ini terbakar dengan tipe vegetasi alang - alang dan semak belukar. Regu Brigdalkahut bersama Personel SPTN II, Manggala Agni Daops Tinanggea, Polsek Lantari Jaya dan MPA telah berupaya untuk mengendalikan kebakaran tersebut, namun dengan kondisi cuaca yang panas dan angin yang kencang menyulitkan proses pemadaman.

Adapun kronologis kejadian  tersebut bermula, pada Senin (10/9/2018) sekira pukul 13.30 WITA Empat personil Brigdalkarhut BTNRAW melakukan patroli pencegahan kebakaran di wilayah Resort SPTN 2. Saat itu tim melihat  adanya api yang membakar semak belukar yang berada Blok Hutan Hukaea sehingga tim segera menghubungi Posko Brigdalkarhut dan melaporkan ke Daops Tinanggea. Sebelum bantuan datang di lokasi kejadian tim berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya agar api tidak menjalar lebih luas sampai menunggu mobil pemadam daops tinanggea dan peralatan mekanik serta manual pemadaman kebakaran.

Kepala Balai TN Rawa Aopa Watumohai, Ali Bahri S.Sos.,M.Si yang memantau langsung proses pemadaman kebakaran ini mengungkapkan bahwa "Luasnya kebakaran dipengaruhi oleh faktor bahan bakar yang mudah terbakar dan faktor suhu serta kecepatan angin yang kencang sehingga api sulit  dikendalikan serta penyebab kebakaran ini masih dalam proses penyelidikan dan akan terus ditindaklanjuti hingga tuntas".

Sumber : Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini