Langkah Festival Cycloop Menuju Puncak

Jumat, 24 Agustus 2018

Jayapura, 24 Agustus 2018. Sebagai langkah taktis mewujudkan suksesnya Festival Cycloop November mendatang, Kepala Balai Besar KSDA Papua, Ir. Timbul Batubara, M.Si. melakukan konsultasi dan koordinasi kepada Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE. M. Si. di kantor Bupati Kabupaten Jayapura. Pertemuan ini diterima langsung oleh Bpk Mathius Awoitauw, SE. M. Si pada hari Kamis, 23 Agustus 2018. Hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya Plt Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Benyamin Yarisetouw, SE. M.Par.

Ide dasar Festival Cycloop ini adalah bagaimana memfasilitasi agar masyarakat berdaya upaya untuk menggalakkan ekowisata mengingat masyarakat adat memiliki potensi kekayaan alam dan ragam budaya yang luar biasa. Pada pertemuan tersebut disepakati akan adanya pertemuan teknis lebih lanjut mengenai detail Festival Cycloop. Bupati Jayapura juga menyampaikan agar Festival Bahari Teluk Tanah merah dapat diintegrasikan bersamaan dengan Festival Cycloop. Bagaimana sejarah dan karakter masing–masing suku yang merupakan lokal genius diangkat menjadi wisata kultur yang merupakan suatu kesatuan dalam bentuk sajian wisata yang terintegrasi. Berbagai renik budaya itu hendaknya segera dipetakan, untuk ditampilkan dalam Festival Cycloop.

Selanjutnya bapak Bupati menugaskan Benyamin Yarisetouw untuk menindaklanjuti gagasan-gagasan Festival Cycloop yang disampaikan Kepala Balai Besar KSDA Papua. Sejatinya dalam hal konservasi, semua pihak memiliki tujuan yang sama: menyejahterakan masyarakat sekaligus menjaga kelestarian kawasan cagar alam. []

Sumber : Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini