Merdeka dari Sampah

Minggu, 19 Agustus 2018

Semarang, 19 Agustus 2018. Pulau Katang adalah pulau cantik yang terletak di sebelah barat Pulau Nyamuk, pulau paling barat dari Kepulauan Karimunjawa. Pulau Katang masuk dalam wilayah administratif Desa Nyamuk Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara, sedangkan perairan disekitarnya merupakan Zona Pemanfaatan Wisata Bahari Resort Nyamuk SPTNW II Karimunjawa.

Pada hari Minggu tanggal 19 Agustus 2018, nampak puluhan pemuda, orang tua, pria dan wanita semuanya adalah warga Desa Nyamuk tengah berjalan menyisir pantai Pulau Katang sembari memungut dan mengumpulkan sampah yang dijumpai. Angin selatan yang cukup kencang tak menyurutkan semangat para warga desa tersebut untuk membersihkan pantainya.

Ya, kegiatan itu merupakan kegiatan bersih-bersih pantai di pulau Katang yang diselenggarakan oleh Resort Nyamuk SPTNW II Karimunjawa dan Pemerintah Desa Nyamuk dalam upaya merdeka dari sampah, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-73 dan Hari Konservasi Alam Nasional tahun 2018.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 Pemuda Desa Nyamuk, 5 perwakilan tetua dari masing-masing 4 Rukun Tetangga, 5 Perangkat Desa dibawah pimpinan Plt. Desa Nyamuk Sekdes Lulik Krismanto, Ranger Resort Nyamuk dan Seksi sebanyak 10 petugas. Sehingga lebih dari 65 orang bahu membahu membersihkan pantai Pulau Katang.

Kegiatan aksi bersih dilaksanakan mulai dari pukul 08.30 - 11.00 WIB, dengan panjang garis pantai yang dibersihkan sepanjang ± 1.750 meter (keliling pantai di Pulau Katang) dengan cara meyisir pantai sambil mengambil dan mengumpulkan sampah yang dijumpai, sekaligus dipisah sesuai dengan kategori sampah an organik meliputi Plastik, Kaca/beling/botol kaca, Styrofoam, busa, karet dan lain-lain (jaring, besi, seng/kaleng, pampers). Untuk jenis sampah plastik diperoleh hasil seberat 25 kg didominasi oleh botol minuman, botol kaca seberat 14 kg, busa dan karet seberat 33 kg, dan jaring seberat 38 kg. Untuk sampah organik didominasi oleh kayu kering yang terbawa ombak dan serasah kelapa seberat 1 ton lebih.

Kegiatan aksi bersih pantai ini merupakan kegiatan pertama kalinya yang di adakan di Desa Nyamuk, acara ini diprakarsai oleh Kepala Resort Nyamuk Bapak Sukir dan Ketua Pemuda Desa Nyamuk Saudara Azis dan didukung penuh oleh para tokoh masyarakat Nyamuk, jajaran perangkat desa Nyamuk dan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Karimunjawa. Sebagai salah satu bentuk kegiatan untuk membangkitkan kearifan lokal, bagi masyarakat Nyamuk guna menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup. Resik Becik Apik - Alam Lestari, Sedulur Nyamuk Mukti - Merdeka!

Sumber : Kristiawan - PEH SPTNW II Karimunjawa - Balai Taman Nasional Karimunjawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini