Harmonisasi Pengelolaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan Pemerintah Daerah Sukabumi

Kamis, 09 Agustus 2018

Sukabumi, 9  Agustus 2018. Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Wahju Rudianto, S.Pi. M.Si. beserta Kepala Bagian Tata Usaha; Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi; Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan, dan Pengawetan; Kepala Seksi Wilayah III Selabintana, dan Kepala Seksi Wilayah IV Situgunungmelakukan kunjungan silaturahmi dan koordinasi dengan Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, MM. di Pendopo Kabupaten Sukabumi Jl. Siliwangi No. 10 Kota Sukabumi. Acara ini dihadiri juga tokoh ulama. Pertemuan ini merupakan menjewantahan “10 Cara Baru Kelola Kawasan Konservasi”, Kerjasama Lintas Kementerian.

Materi utama yang menjadi pokok bahasan adalah:

1. Sinergitas program pengembangan wisata alam dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Sukabumi.
2. Diskusi regulasi bidang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Pemerintah Daerah (Pemda) Sukabumi dan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sepakat untuk menjadikan pengembangan wisata alam sebagai lokomotif pengembangan pembangunan daerah sekitarnya terutama dalam upaya meningkatnya lapangan kerja, kesempatan berusaha, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara signifikan. Disamping itu, atraksi budaya Sunda akan dihadirkan sebagai salah satu daya tarik wisata.

Kepala Balai Besar dalam pertemuan tersebut menyampaikan, bahwa “Balai Besar TNGGP secara kelembagaan yang merupakan unsur Pemerintah Pusat di daerah, sangat mendukung adanya program pengembangan wisata alam dan program peningkatan perekonomian masyarakat, khususnya di Selabintana dan Situgunung”.

Pemda Kabupaten Sukabumi menyambut gembira kunjungan Balai Besar TNGGP dan mereka mengharapkan pertemuan seperti ini terus berlanjut secara rutin agar terjalin sinergitasdalam pengembangan objek wisata di Kabupaten Sukabumi dan dapat menginformasikan perkembangan regulasi bidang konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya.

Sumber : Bidang Teknis Konservasi – Balai Besar TNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini