Diskusi Perlindungan dan Pengamanan Hutan di TN Bromo Tengger Semeru dengan Mahasiswa Universitas Brawijaya

Senin, 23 Juli 2018

Malang, 23 Juli 2018. Bertempat di Aula Desa Ngadas, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, Kepala Resort Coban Trisula, Bambang Rudiyanto beserta staf berkesempatan melakukan diskusi dengan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) Malang yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di desa tersebut.

BR sapaan akrab Kepala Resort Coban Trisula menyampaikan diskusi sengaja dilakukan dengan mahasiswa UB untuk memperluas jaringan dan komunikasi TN Bromo Tengger Semeru dengan dunia pendidikan khususnya Perguruan Tinggi di Kota Malang sekaligus memperoleh dukungan UB melalui mahasiswa KKN di Desa Ngadas mengenai pengelolaan TN Bromo Tengger Semeru khususnya di Bidang Perlindungan dan Pengamanan Hutan (Linpamhut).

Pada kesempatan ini BR menyampaikan mengenai 3 pola pendekatan dalam Linpamhut TNBTS yaitu Preemtif, Preventif, dan Represif yustisif. Salah satu topik yang banyak menarik antusias mahasiswa untuk diskusi adalag terkait pola penanggulangan kebakaran hutan dan partisipasi (pelibatan) masyarakat sekitar dalam kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan.

Menurut BR kuncinya adalah kordinasi baik dalam momen formal dan informal. "Seringnya kita melakukan kordinasi formal dan informal dengan masyarakat dan instansi lain berarti kita banyak peluang memberikan pemahaman tentang TNBTS kepada masyarakat luas sekaligus kita dapat menyerap kembali aspirasi / persepsi masyarakat tentang pengelolaan TNBTS. Sehingga dengan pola tersebut kita selalu melakukan pembenahan dan inovasi untuk manajemen pengelolaan yang lebih baik dan bisa diterima masyarakat sekaligus masih dalam koridor hukum yang berlaku", ujarnya.

Haris selaku ketua kelompok menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim RCT karena sudah berbagi pengetahuan dan ilmu dibidang perlindungan dan pengamanan hutan. "Ini menjadi tambahan ilmu berharga bagi mahasiswa UB yang melakukan KKN di Desa Ngadas", ujarnya. Pengalaman diskusi tersebut tentunya akan di masukan dalam laporan KKN dan kita akan dorong UB untuk lebih intensif ikut berpartisipasi memberikan dukungan kepada TN Bromo Tengger Semeru dalam berbagai disiplin ilmu yang ada untuk pengelolaan TN Bromo Tengger Semeru yang lebih baik sekaligus kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitarnya. Diskusi diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah antara petugas RCT dan Mahasiswa UB, yang menandakan komunikasi yang di bangun RCT memberikan kesan bagi Mahasiswa UB yang melaksnakan KKN di Desa Ngadas.

 

Sumber : Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini