Visit to School SMP Negeri 3 Muara

Selasa, 24 Juli 2018

Pematang Siantar, 24 Juli 2018. Banyak jalan menuju Roma, banyak cara juga untuk lebih menanamkan semangat cinta konservasi di kalangan generasi muda. Mengawali tahun ajaran baru 2018/2019 tepatnya tanggal 21 Juli 2018, Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar Balai Besar KSDA Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) melaksanakan gelaran Visit to School ke SMP Negeri 3 Muara. SMP Negeri 3 Muara merupakan salah satu sekolah yang berbatasan langsung dengan Kawasan Konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Sijaba Hutaginjang. Kegiatan serupa sebelumnya dilaksanakan tanggal 23 Maret 2018.

Visit to School merupakan konsep sederhana untuk mengenalkan konservasi keanekaragaman hayati yang mudah dimengerti sesuai dengan tingkatan pendidikan. Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda khususnya para pelajar dapat lebih mencintai alam dan lingkungannya sedini mungkin. Kegiatan ini juga upaya untuk memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan tentang konservasi sumber daya alam hayati dan lingkungan hidup sehingga mereka dapat berperilaku selaras dengan alam lingkungannya. Progress yang utama bagi para pelajar ini adalah adanya perubahan sikap dan perilaku yang ditunjukkan untuk lebih mencintai alam dan lingkungan sekitarnya.

Materi yang disampaikan berupa Kenekaragaman Hayati/Hewan langka di Sumatera dalam bentuk slide show dan film tentang konservasi. Kuis dan door prize yang variatif menjadi pemicu semangat para siswa meliputi perlengkapan sekolah yang sudah distempel slogan ajakan melestarikan hewan langka, pensil, pulpen dan lain sebagainya. Di akhir acara diadakan lomba menulis diselembar kertas  tentang apa saja yang berhubungan dengan materi yang baru saja dijelaskan. Hasil dari lomba menulis terpilih 6 (enam) siswa/siswi terbaik dan berkesempatan membacakan hasil karyanya di depan peserta lainnya. Terbaik satu sampai dengan tiga mendapatkan paper bag yang berisikan perlengkapan sekolah, booklet, dan stiker sementara terbaik empat sampai enam hanya mendapatkan perlengkapan sekolah.

Respon positif datang dari para peserta dan pihak sekolah yang terlihat dari kerjasama sekolah dalam pelaksanaan kegiatan. Hal ini diakui Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Muara Ibu Dra. Lamria Silitonga, M.Pd yang melihat antusiasme para siswanya selama mengikuti kegiatan Visit to School. Beliau berharap kegiatan ini berkelanjutan dalam menanamkan jiwa konservasi dan kepedulian terhadap alam dan lingkugan sejak dini di lingkungan sekolah khususnya SMP Negeri 3 Muara.(lisbet/penyuluh)

Sumber : Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini