Tana Bentarum Gelar Ekpose Strategi Dalkarhut

Senin, 23 Juli 2018

Putussibau, 23 Juli 2018. Balai Besar Tana Bentarum menerima kunjungan rombongan Pj Gubernur yaitu Asisten 1 Bidang Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat, Alexander Rombonang serta Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Pemkab Kapuas Hulu, Frans Leonardus. Kehadiran Alexander dan rombongan dalam rangka memberikan arahan terkait Strategi dan Upaya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Kapuas Hulu yang dipaparkan oleh Balai Besar Tana Bentarum sebagai UPT Kementerian LHK di Kapuas Hulu.

Dalam arahannya, Alexander menyampaikan concern Pemerintah dalam menangani masalah kabut asap, yaitu melakukan upaya yustisi dalam kasus pembukaan lahan dengan membakar lahan terutama yang dilakukan oleh pihak korporasi secara besar-besaran. Beliau juga menyebutkan kebanggaannya bahwa Kabupaten Kapus Hulu sudah membentuk Satgas DalKarhutla dan kesigapan Brigade Dalkarhut di Tana Bentarum. “Dalam luas wilayah Kalimantan Barat lebih dari 1 juta hektar ini merupakan tantangan bagi kita semua untuk bekerja bersinergi menggalakkan pencegahan Karhutla”, jelasnya.

Acara yang juga dihadiri oleh Forkominda di Kabupaten Kapuas Hulu ini, salah satu agendanya adalah presentasi Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum yg diwakili Kabid Wilayah III Lanjak, Gunawan Budi Hartono, yang menyampaikan antara lain sebaran dan kerawanan hotspot di Kawasan Kapuas Hulu dan khususnya TaNa Bentarum juga aktivitas yang dilakukan oleh Daops Manggala Agni seperti Pemetaan Wilayah rawan hotspot , pelatihan Masyarakat Peduli Api (MPA), Patroli Terpadu bersama TNI, Polri dan MPA

Ini merupakan upaya Tana Bentarum untuk menjaga kawasan Tana Bentarum dan Kabupaten Kapuas Hulu umumnya dari kerawanan kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau seperti saat ini bersama dengan elemen pemerintah lainnya dan juga masyarakat.

 

Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini