Inventarisasi Anggrek TN Batang Gadis di Kawasan Hutan Desa Roburan Dolok SPTN Wilayah 1 Siabu

Senin, 23 Juli 2018

Panyabungan, 23 Juli 2018. Potensi tumbuhan anggrek yang masih ada di kawasan hutan Taman Nasional Batang Gadis jika tidak dilestarikan dengan baik maka akan terjadi hilangnya keanekaragaman hayati yang memiliki Tumbuhan hias yang indah. Secara umum, informasi mengenai keberadaan Tumbuhan anggrek hutan yang ada di Kawasan Taman Nasional Batang Gadis masih kurang Untuk mengetahui dan menggali potensi anggrek alam di Taman Nasional Batang Gadis maka Balai Taman Nasional Batang Gadis selaku pengelola kawasan akan melaksanakan kegiatan Inventarisasi/ Monitoring flora non prioritas (Anggrek hutan) dengan harapan data yang didapat nantinya dapat dikembangkan dengan baik  sebagai sarana informasi bahwa  jenis anggrek tertentu tumbuh liar dikawasan Taman Nasional Batang Gadis.

Kegiatan Inventarisasi/ Monitoring flora non prioritas (Anggrek hutan) ini adalah untuk mencari jenis-jenis anggrek hutan yang ada dikawasan Taman Nasional Batang Gadis.

Kegiatan Inventarisasi/Monitoring flora non prioritas (Anggrek hutan)  bertujuan agar data-data terkait anggrek hutan, menjadi database dan informasi yang akurat yang bermanfaat khususnya tentang keberadaan anggrek hutan dikawasan Taman Nasional Batang Gadis.

Metode Jelajah adalah metode dilakukan dengan cara menyelusuri jalur/ track pada lokasi  yang telah ditetapkan di  peta kerja dan mencatat data/ informasi tentang tumbuhan anggrek hutan yang dijumpai serta mendokumentasikannya  sepanjang jalur jelajah serta mendeskripsikan tumbuhan tersebut.

Sasaran kegiatan Inventarisasi/ Monitoring flora non prioritas (Anggrek hutan) adalah pada kawasan hutan Taman Nasional Batang Gadis tepatnya dikawasan hutan desa Sopotinjak yang menurut informasi potensi anggrek hutan berada di sekitar kawasan tersebut namun bila ada potensi di tempat yang  lain tidak menutup kemungkinan tim akan berada ketempat dimaksud. Kegiatan ini sebatas untuk mengidentifikasi jenis anggrek hutan tertentu agar mengetahui jenisnya dikawasan Taman Nasional Batang Gadis.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini