Lintas Propinsi Demi Zilong

Rabu, 18 Juli 2018

Ketapang, 17 Juli 2018. Tim Wildlife Rescue Unit Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Ketapang Balai KSDA Kalimantan Barat (BKSDA Kalbar) bersama Drh. Wahyu bergerak memulai perjalanan panjang lintas propinsi untuk mengantarkan seekor  satwa Owa (Hylobates Sp)  jantan ke Balai KSDA Kalimantan Tengah (BKSDA Kalteng) (17/7). Selanjutnya Owa jantan tersebut akan direhab dan dititiprawatkan ke Yayasan Kalaweit. Owa tersebut berasal dari penyerahan warga Desa Titi baru  sejak 18 desember 2017, saat itu satwa masih berumur ± 4 bulan. Melihat kondisi satwa yang masih bayi dan sangat rentan, maka tim  melakukan pengecekan pemeriksaan kesehatan ke Yayasan IAR Ketapang dan menitipkan sementara sampai menunggu kesiapan satwa maupun tempat rehabilitasi selanjutnya. Setelah dirawat dan dinyatakan siap oleh Yayasan IAR Ketapang, Owa tersebut selanjutnya akan direhabilitasi ke Yayasan Kalaweit  di Muara Teweh Kalimantan Tengah dengan perjalanan yang ditempuh ± 20 jam. Selanjutnya satwa tersebut langsung diserahkan kepada Balai KSDA Kalimantan Tengah melalui Berita Acara penitipan satwa untuk selanjutnya akan dititiprawatkan dan direhabilitasi di Yayasan Kalaweit.

Sadtata Adirahmanta selaku Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat menyatakan bahwa penitipan satwa Owa ini merupakan yang ke-4 kalinya untuk dititiprawatkan di Yayasan Kalaweit Kalimantan tengah. Memang perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan  tapi tidak menyurutkan langkah Balai KSDA Kalbar mewujudkan upaya penyelamatan satwa dilindungi.

Kesadaran tinggi masyarakat terhadap pentingnya kehidupan satwa liar merupakan langkah maju yang harus kita lakukan bersama baik melalui media sosial maupun penyuluhan yang diberikan sedini mungkin sehingga anak cucu kita masih bisa melihat satwa-satwa endemik masih ada dan lestari di daerahnya ditengah banyaknya degradasi lahan saat ini. (PR) 

Sumber & Dokumentasi : Tim WRU Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang, Balai KSDA Kalimantan Barat

Call Center Balai KSDA Kalbar (Mita) : 08115776767

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini