“Met Ultah LINDA Dan CORY” Dua Anak Gajah TN Way Kambas

Selasa, 27 Maret 2018

Labuhan Ratu, Selasa (27/3/2018) Gajah-gajah di Camp ERU (Elephant Respons Unit) Tegal Yoso Taman Nasional Way Kambas merayakan hari kelahiran anak gajah jantan yang diberi nama Cory yang genap berusia setahun pada hari ini. Seminggu sebelumnya juga telah dirayakan hari kelahiran anak gajah betina Linda yang lahir pada tanggal 20 Maret 2017. Perayaan dilakukan secara sederhana dengan  memberikan perhatian khusus kepada mereka yaitu dengan menyediakan tambahan makanan gajah yang dibentuk seperti tumpeng. Cory anak gajah jantan dari induk gajah Dona (38 tahun) lahir dengan kondisi sehat dengan bobot 123,9 kg tinggi badan 89 cm panjang badan 96 cm dan lingkar dada 118 cm. Kini bobotnya sudah mencapai 264 kilogram. Sementara Linda  anak gajah betina dari induk gajah bernama Riska (23 tahun) dengan berat lahir 60,8 kg tinggi badan 78 cm panjang badan 110 cm lingkar dada 100 cm dalam kondisi sehat, bobotnya kini 280 kilogram.

Sepasang anak gajah berkelamin jantan dan betina tersebut terus mendapat perhatian dan perawatan serius dari para Mahout (Pawang Gajah) yang dipimpin oleh Koordinator Lapangan ERU Bapak Nazaruddin.

Kepala Balai TN Way Kambas, Bapak Subakir, S.H, M.H, menjelaskan “ERU adalah program kegiatan yang muncul dari Balai TN Way Kambas dalam upaya penanganan konflik gajah liar dengan manusia, dimana maksud dari kegiatan ini adalah menangani gajah liar yang akan keluar kawasan TN Way Kambas ke lahan pertanian masyarakat yang berbatasan dengan TN Way Kambas, dan mengupayakan sedini mungkin agar gajah liar tidak sampai keluar kawasan. Juga melaksanakan penghalauan gajah liar bila sudah di lahan pertanian masyarakat untuk diupayakan masuk kembali ke dalam kawasan TN Way Kambas. Selain itu juga kesehatan gajah jinak di Camp ERU menjadi prioritas utama untuk diupayakan stabil dan diharapkan meningkat populasinya. Program ERU ini dalam operasionalnya didukung oleh lembaga konservasi (NGO) Komunitas untuk Hutan Sumatera (KHS) melalui Perjanjian Kerjasama/MOU dengan TN Way Kambas”.

“Selamat ulang tahun Cory dan Linda, semoga menjadi gajah-gajah yang kuat dan tangguh serta memberikan manfaat untuk konservasi, tetap semangat bapak-bapak mahout. Terimakasih dan salam ormat kami untuk para mahout dan rimbawan di Camp ERU Tegalyoso,” ucapan selamat dari bapak Hermawan, S.Hut. Kepala Sub Bagian Tata Usaha TN Way Kambas.

 

Sumber : BTN Way Kambas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini