KONSULTASI PUBLIK RENCANA PENGELOLAAN JANGKA PANJANG (RPJP) TAMAN NASIONAL MATALAWA PERIODE 2018 – 2027

Kamis, 07 Desember 2017

Waingapu, 7 Desember 2017. Konsultasi publik merupakan proses pelibatan para pihak (Stakeholder) dalam pengambilan keputusan dan perumusan kebijakan oleh suatu lembaga/institusi pemerintah. Hal ini juga bertujuan untuk menyerap aspirasi dan masukan terkait kebijakan atau langkah strategis pengambil kebijakan terkait kepentingan banyak pihak.


Bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Elvin – Waingapu pada tanggal 6 Desember 2017, Balai Taman Nasional Matalawa melaksanakan kegiatan Konsultasi Publik Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) TN Matalawa Periode 2018-2027. Kewajiban melaksanakan konsultasi publik terkait penyusunan Rencana pengelolaan sendiri, telah diamanahkan pada perundangan dan peraturan terkait penyusunan rencana pengelolaan, khususnya peraturan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor : P.35/MenLHK/Setjen/Kum.1/3/2016 tentang tata cara penyusunan rencana pengelolaan pada KSA dan KPA.
Kegiatan konsultasi publik RPJP TN Matalawa periode 2018-2027 dihadiri oleh perwakilan para pihak yang terdiri atas Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Balai Besar KSDA NTT, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumba Timur, Pemda Sumba Tengah, Pemda Sumba Barat, Lembaga Mitra, Perwakilan Kelompok Masyarakat dan Pejabat Struktural lingkup Balai TN Matalawa. Konsultasi publik ini secara resmi dibuka oleh Kepala Balai TN Matalawa (Maman Surahman, S.Hut.,M.Si) dan sekaligus memaparkan RPJP TN Matalawa dalam sepuluh tahun kedepan.


Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan gambaran umum pengelolaan TN Matalawa dalam kurun waktu 2018-2027 mulai dari Visi, Misi, Tujuan Pengelolaan hingga Prioritas Pengelolaan TN Matalawa yang dituangkan dalam rencana strategis 2018-2027. Beliau sangat optimis dan yakin mampu mewujudkan visi TN Matalawa “ terwujudnya kawasan Taman Nasional Matalawa Sebagai Pusat Konservasi Ekosistem Sumba yang Kolaboratif Partisipatif, Mantap, Tertib, Lestari dan Wibawa” dengan potensi dan keunggulan yang dimiliki TN Matalawa saat ini. Diakhir pemaparan materi RPJP TN Matalawa, beliau meminta dukungan aktif dari para pihak yang berkepentingan terhadap kawasan TN Matalawa untuk turut serta dalam mengawal pelaksanaan pengelolaan TN Matalawa dalam sepuluh tahun kedepan.


Kegiatan konsultasi publik RPJP TN Matalawa periode 2018-2027 diakhiri dengan penandatanganan berita acara Konsultasi Publik oleh para pihak yang hadir pada kegiatan tersebut.

Sumber : Balai Taman Nasional Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini