Mediasi Dengan Masyarakat, BBKSDA Sumut Tumbang Sawit Hasil Penyerahan

Kamis, 23 November 2017

Langkat, 24 Nopember 2017. Balai Besar KSDA Sumatera Utara melakukan pemusnahan tanaman sawit di dalam kawasan SM Karang Gading Langkat Timur Laut (KG/LTL) di Desa Tapak Kuda Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat pada kamis 24 November 2017. Luasan perambahan sawit yang dimusnahkan sekitar 14 ha dengan taksiran jumlah tanaman 1.400 batang.

Tanaman sawit yang dimusnahkan merupakan hasil penyerahan sukarela masyarakat, dimana sebelumnya telah dilakukan mediasi dengan pemilik. Pemilik secara sukarela menyerahkan tanaman sawitnya untuk dimusnahkan dan sadar untuk tidak merambah kawasan konservasi.

Lokasi penumbangan nantinya akan ditanami dengan pohon kembali oleh masyarakat Desa Tapak Kuda yang telah berkolaborasi dengan Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui program role model restorasi kawasan mangrove SM KG/LTL. Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk bermitra dengan pemerintah dimana masyarakat dapat bercocok tanam tanaman palawija pada kawasan yang telah dirambah, dengan kewajiban merehabilitasi kawasan tersebut dengan penanaman pohon.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For menyampaikan harapannya agar rehabilitasi kawasan SM KG/LTL dapat lebih sukses melalui kegiatan yang bersifat kolaboratif, sehingga kawasan konservasi dapat berfungsi seperti semula serta dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Sumber : Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini