Dirjen KSDAE Launching Role Model Cycloop

Sabtu, 28 Oktober 2017

Jayapura, 28 Oktober 2017. BBKSDA Papua mengusung Role Model Pengelolaan Cagar Alam CA Peg. Cycloop Berbasis Kearifan Lokal, pada hari ini Sabtu 28 Oktober 2017 bertempat di Cycloop Center Kabupaten Jayapura, Sentani dilakukan Launcing Role Model Cycloop oleh Ir. Wiratno, M.Sc (Dirjen KSDAE).

Acara Launching Role Model Cycloop disertai dengan pengukuhan Kepala Resort Model Cycloop Youtefa yaitu untuk wilayah DAS (Dewan Adat Suku) Sentani, Moy, Tepra, Port Numbay, Ormu dan Youtefa, pengukuhan Kader Konservasi serta penandatanganan Deklarasi Role Model Cycloop.

Hadir dalam kesempatan ini adalah Direktur KK (Ir. Suyatno Sukandar, M.Sc) dan para undangan yaitu Kodam XVII Cenderawasih, Polda Papua, Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Prov Papua, Dinas Kehutanan Prov. Papua, Kepala BPKH Wilayah X, Kepala BPHP Wilayah XV, Kepala Balai TN Lorentz, Kepala BPDAS Mamberamo, Kepala Seksi Wilayah II BPHLHK Maluku Papua, Ketua Dewan Adat Suku sekitar Cycloop, Ketua MMP, perwakilan LSM dari WWF, Yali, Intsia, USAID LESTARI, ondoafi, tokoh adat dan agama sekitar Cycloop, KPA Amamey, kelompok Desa Binaan, ketua FK3I Prov Papua dan kelompok Kader Konservasi.

Dalam sambutannya Kepala Balai Besar yang diwakili oleh Pupung Purnawan, S.Hut.,M.Sc selaku Kabag TU BBKSDA Papua menyampaikan secara hormat kehadiran Bapak Dirjen KSDAE beserta tim serta para undangan dalam Launching Role Model Cycloop Pengelolaan Cagar Alam CA Peg. Cycloop berbasis Kearifan Lokal dengan tujuan Mengembalikan Fungsi Kawasan Cagar Alam Cycloop Sebagai Penyangga Kehidupan, Penata Air Utama Bagi Kabupaten Dan Kota Jayapura.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan Prov. Papua, Yan R. Pugu, S.Hut memberi harapan bahwa “dengan diluncurkannya Role Model ini akan dapat memacu perbaikan kondisi Cagar Alam Peg. Cycloop dalam upaya penanggulangan perubahan iklim global yang semakin kita rasakan sekarang ini’. Penjelasan secara garis besar tentang Role Model Cycloop yang diusung oleh BBKSDA Papua di ekspose oleh Ir. Ahmad Yani selaku Kepala Bidang Teknis KSDA Papua. 

Dalam pengukuhan bagi Kepala Resort Cycloop Youtefa, Dirjen KSDAE memberikan semangat “agar senantiasa mewujudkan Role Model Pengelolaan CA. Peg Cycloop dan TWA Teluk Youtefa berbasis kearifan lokal serta selalu bekerja untuk melaksanakan tugas yang telah diamanatkan oleh BBKSDA Papua”.

Rangkaian acara dilanjutkan ke Desa Binaan Maribu untuk penanaman dan pemberian bantuan desa binaan, kemudian diteruskan ke Kampung Tablasupa sebagai Desa Binaan di penyangga CA Peg Cycllop dengan acara pemberian bantuan, launching homestay serta mengunjungi site monitoring burung Cenderawasih.

Ucapan selamat kepada Andi YP. Rumbrapuk sebagai Kepala Resort Raveni Rara, Victory Sugerrais Karubaba sebagai Kares Port Numbay, Ferdinand Samjar Manobi sebagai Kares Moy, Chandra Irwanto Lumban Gaol sebagai Kares Tablasupa, Abdul Kahar sebagai Kares Sentani dan Ernis O. Itaar sebagai Kares Youtefa, selamat bertugas dan selalu amanat dalam menjaga kelestarian Cycloop –Youtefa.

Sumber : Diah Warastuti, Rian Agustina, Lusiana Dyah R. - Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini