Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa Muara Danau, Balai TN Bukit Tiga Puluh Adakan Pelatihan Budidaya Ternak Sapi

Sabtu, 28 Oktober 2017

Tanjung Jabung Barat, 26 Oktober 2017. Guna peningkatan kapasitas kelompok masyarakat di desa penyangga kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT), maka Balai TNBT laksanakan pelatihan peningkatan kapasitas kelompok masyarakat di salah satu desa binaan TNBT, Desa Muara Danau Kec. Renah Mendaluh Kab. Tanjung Jabung Barat Jambi.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 23 s.d 25 Oktober 2017 di Balai Desa Muara Danau dengan sasaran kegiatan Kelompok Tani Sinar Mandiri. Kegiatan dilaksanakan sebagai upaya dalam meningkatkan kapasitas masyarakat khususnya Kelompok Tani Sinar Mandiri dalam budidaya ternak sapi.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Tanjung Jabung Barat (Kepala Bidang Peternakan, Kepala UPTD Keswan dan IB Pelabuhan Dagang , staff Inseminasi Buatan (IB) dan dokter hewan), Penyuluh Pertanian dan praktisi peternak sapi sebagai narasumber pelatihan ini.  Adapun materi yang disampaikan adalah Pengenalan Inseminasi Buatan (IB) dan Pemilihan Bibit, Pengenalan dan Pencegahan Penyakit pada Ternak Sapi, Analisa Usaha Ternak Sapi dan Perkandangan, Motivasi dan peningkatan SDM Kelompok, Managemen Pakan Ternak, Pemanfaatan Limbah Ternak, Praktek Pembuatan Pakan (Silase), Praktek Pembuatan Kompos.

Setelah pelaksanaan pelatihan ini dilanjutkan serah terima sapi sebanyak 4 ekor kepada Kelompok Tani Hutan Sinar Mandiri. Dengan adanya pelatihan maka diharapkan KTH Sinar Mandiri mampu menjalankan budidaya ternak sapi sampai berkembang dan mampu memproduksi pupuk kompos yang berasal dari limbah ternak. Tidak hanya itu juga KTH Sinar Mandiri dapat lebih kreatif dalam mengembangkan usaha lainnya sehingga dapat meningkatkan perekonomiannya. Penyuluh Kehutanan TNBT SPTN Wilayah I Tebo Tengah selalu mendampingi kelompok agar dapat terus berkembang dan dapat mandiri dalam mengembangkan usaha – usahanya.

Sumber : Balai TN Bukit Tiga Puluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini