Bunga Bangkai Mekar Sempurna di TWA Sibolangit

Kamis, 20 Juni 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Pesona Amorphophallus titanum yang mekar sempurna di TWA Sibolangit

Sibolangit, 20 Juni 2024. Setelah diliputi rasa was-was, Bunga Bangkai Raksasa (Amorphophallus titanum) akhirnya mekar sempurna di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, pada Rabu (19/6), sekitar pukul 17.00 WIB. Bunga ini terpantau mekar  sejak  Selasa (11/6). Sempat timbul rasa was-was petugas Resort CA./TWA. Sibolangit mengingat tujuh hari setelah terpantau akan mekar, si bunga yang cantik dan unik ini tak kunjung mekar juga, jangan-jangan gagal mekar. Namun keresahan itu akhirnya terjawab dengan terbukanya kelopak bunga dan aroma bau bangkai yang keluar dari bunga, tepat pada Rabu (19/6). 

Dari catatan petugas, tinggi bunga bangkai ini mencapai 125 cm. Dan sebelumnya pada bulan Januari 2023 juga pernah mekar di tempat yang sama. Bunga bangkai menjadi maskot kawasan TWA. Sibolangit disamping burung Rangkong jenis Julang Emas yang juga kerap muncul di kawasan, yang khusus diperuntukkan sebagai kawasan wisata edukasi konservasi alam.

Bunga bangkai merupakan tumbuhan dari family talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar di dunia. Bunga ini dikenal juga dengan berbagai sebutan, seperti : Titan Arum, Kibut dan Suweg. Disebut sebagai bunga bangkai karena mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk. Hal ini bertujuan untuk mengundang kembang dan lalat untuk menyerbuki bunganya. Dengan mekarnya bunga bangkai di kawasan TWA. Sibolangit, menjadikan pesona tersendiri bagi kawasan sekaligus sebagai media promosi wisata alam.

Sumber : Suparman, SP. (Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini