Road To Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Giat Lepasliar Kukang

Selasa, 04 Juni 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Batang Toru, 3 Juni 2024. Jumat, 31 Mei 2024, sekitar pukul 12.02 Wib, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort Konservasi Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori pada Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung dengan disaksikan oleh lembaga mitra kerjasama Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), KPH XI Pandan dan petugas PLTA Sipan Sihaporas melaksanakan kegiatan pelepasliaran satwa liar dilindungi undang-undang jenis Kukang (Nycticebus coucang) di kawasan Hutan Lindung Batang Toru Blok Barat tepatnya di lokasi PLTA Sipan Sihaporas di Desa Sipan, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Sebelumnya Rabu 29 Mei 2024 sekitar pukul 07.28 Wib,  Kepala Resort Konservasi Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori mendapat informasi tentang adanya warga Jln. Marison, Kelurahan Aek Tolang, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Josua Martono Gadja,  yang memiliki dan  memelihara satwa Kukang. 

Menindaklanjuti informasi tersebut, petugas segera menyambangi lokasi dan menemukan adanya 1 (satu) individu satwa Kukang, jenis kelamin jantan, umur1 tahun 6 bulan, dalam kondisi  sehat. Petugas kemudian memberikan edukasi dan sosialisasi kepada pemilik satwa, bahwa Kukang merupakan satwa liar yang dilindungi undang-undang sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Yang Dilindungi. Populasinya di habitat alami akan berkurang dan bahkan terancam punah bila tidak dilindungi.


Josua Martono Gadja, memahami dan menerima dengan baik penjelasan dari petugas, selanjutnya secara sukarela menyerahkan satwa tersebut. Kukang kemudian di evakuasi, dan melihat kondisi satwa yang sehat serta layak untuk dilepasliarkan, maka pada Jumat, 31 Mei 2024, dalam rangkaian (Road to) Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 dilaksanakan pelepasliaran di habitat alaminya di Hutan Lindung Batang Toru Blok Barat, dengan ekspektasi dapat hidup dan berkembang biak dengan baik. 

Sumber : Lantas Hutagalung (Kepala Resort Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori) dan Duhuso Zendrato (PEH Pemula) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini