BTN Alas Purwo Studi Tiru ke BTN Gunung Merapi, Sarangan dan Bioprospeksi Jadi Fokusnya

Kamis, 30 Mei 2024 BTN Gunung Merapi

Sleman, 29 Mei 2024. Berbagi pengalaman bisa dilakukan di mana saja.  Demikian juga yang dilaksanakan Balai Taman Nasional Alas Purwo (BTNAP). BTNAP mengadakan kegiatan yang dikemas dalam bentuk Studi tiru (benchmarking) ke Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM), khususnya tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati serta potensi pengembangan Bioprospeksi dengan harapan dapat menjadi shared learning bersama. 

Kunjungan diterima di Kantor BTNGM, pada Rabu (29/5), dimulai dengan paparan pengenalan dan diskusi singkat tentang Pengelolaan TNGM, Konservasi Sarangan dan Tentang Bioprospeksi TNGM. 


Guna memberikan contoh nyata di lapangan, kegiatan dilanjutkan kunjungan ke Forum Peduli Lingkungan Pecinta Alam Lereng Merapi ( FPL PALEM) di Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. 

Pembelajaran bersama di FPL PALEM diantaranya tentang kolaborasi mitra (PKS penguatan fungsi TNGM dengan FPL PALEM), konservasi jenis tumbuhan lokal, konservasi anggrek hingga tentang labolatorium mini skala masyarakat yang mengembangkan proses kultur jaringan untuk tumbuhan. 

Sebagai obyek contoh dari pengelolaan yang dilakukan secara kolaborasi bersama masyarakat, peneliti, akademisi serta bioteknologi dari satu aspek yaitu Konservasi Keanekaragaman Hayati ya disini, FPL PALEM yang telah bermitra dengan TNGM.

Harapannya pasca kunjungan pihak BTNAP ada hal yang bisa memberikan inspirasi dan wacana baru, dan begitu juga dapat kebaikan input masukan untuk ke depan menjadi lebih baik.  Semoga studi tiru dan pembelajaran bersama ini memberikan semangat bersama baik untuk BTNGM maupun untuk BTNAP. **

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini