Babinsa Kutalimbaru Serahkan Buaya Kepada BBKSDA Sumut

Rabu, 29 Mei 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Kutalimbaru, 27 Mei 2024. Bermula dari adanya laporan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Kutalimbaru selaku aparat TNI kewilayahan yang bertugas membina desa binaan, menginformasikan kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) melalui Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe, tentang tertangkapnya seekor buaya oleh masyarakat Desa Namurube Julu, Dusun VI Salang Paku A, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, pada Selasa 21 Mei 2024.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Petugas Resort Pelabuhan Laut Belawan dan staf Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe menyambangi lokasi pada keesokan harinya Rabu, 22 Mei 2024, dan berkoordinasi dengan petugas Babinsa dimaksud. Informasi yang diperoleh, bahwa satwa liar buaya ditangkap di sekitar areal kebun sawit masyarakat. Jarak penemuan satwa buaya yang berada di areal  kebun sawit dengan alur sungai kecil kurang dari 50 meter  dan dengan Sungai Mencirim berjarak lebih kurang 50O meter, yang patut diduga asal datangnya buaya tersebut. Perjumpaan buaya ini bukan yang pertama kali, sebelumnya warga juga pernah menyaksikan penampakannya di daerah sungai Mencirim, tepatnya di sekitar TPA Kutalimbaru yang tidak jauh dari lokasi perjumpaan terakhir. 

Petugas pun kemudian melakukan edukasi dan penyuluhan kepada warga bahwa satwa Buaya Muara (Crocodylus porosus) termasuk jenis yang dilindungi undang-undang, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.106/MENLHK/ SETJEN/KUM.1/12/2018. Oleh karena itu dihimbau agar warga selalu waspada dan berhati-hati, khususnya dalam beraktifitas di sekitar bantaran sungai. Bila masih menemukan adanya penampakan buaya lainnya segera melaporkan kepada instansi terkait terdekat untuk dilakukan tindakan penanganan. Petugas kemudian mengevakuasi buaya dan menitipkannya ke lembaga penangkar mitra kerjasama Balai Besar KSDA Sumatera Utara PT. PAL guna dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan.

Sumber : Tim Resort Pelabuhan Laut Belawan – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini