Di Hari Kehati Sedunia 2024, Warga Serahkan Kucing Kuwuk

Rabu, 29 Mei 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Sibolangit, 27 Mei 2024. Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort Cagar Alam/Taman Wisata Alam (CA/TWA) Sibolangit pada Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, Rabu (21/5), menerima satwa liar dilindungi undang-undang jenis Kucing Kuwuk (Prionailurus bengalensis) sebanyak 1 ekor berumur sekitar 1 tahun, untuk dititipkan di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit. Penyerahan Kucing Kuwuk ini bertepatan dengan momentum peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia atau International Day for Biological Diversity Tahun 2024, yang dirayakan setiap tanggal 22 Mei.

Satwa ini berasal dari seorang warga Jl. Veteran Baktilor Melati, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, David Aslam Sebayang, yang menemukannya di kebun miliknya, lalu memposting disosial media Facebook. Melihat postingan, salah seorang staf Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe  langsung menginformasikan kepada pemiliknya bahwa satwa tersebut dilindungi undang-undang. David yang semula tidak mengetahui bahwa Kucing Kuwuk termasuk jenis yang dilindungi, segera menyerahkannya kepada petugas dengan sukarela.

Petugas menyampaikan apresiasi kepad David dan kemudian mengevakuasi satwa liar dimaksud, serta menitipkannya ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit guna mendapat perawatan dan rehabilitasi sebelum dilepasliarkan di habitat alaminya. 

Sumber : Suparman, SP. (Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara 


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini