Pemindahan Buaya Untuk Reproduksi

Kamis, 16 Mei 2024 BBKSDA Sulawesi Selatan

Makassar, 16 Mei 2024. Tim gabungan Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, Lembaga Konservasi Citra Satwa Celebes (CSC) dan komunitas Mitra Reptil Sulawesi Selatan berhasil melakukan proses pemindahan buaya jantan bernama Aldo ke kolam buaya betina Anjani. Proses pemindahan yang berlangsung pada hari Rabu, 15 Mei 2024, berjalan lancar dan tanpa insiden.

Pemindahan buaya Aldo melibatkan kurang lebih 20 orang mengingat ukuran Aldo yang cukup besar, dengan panjang sekitar 5 meter dan berat sekitar 380 kilogram. Tim Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan dipimpin oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Santiago Pereira dengan staf Muh. Saleh, Herman, dan Benyamin. 

Ir. Jusman Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan menyampaikan apreasi atas keberhasilan proses pemindahan, “kegiatan ini menunjukkan kerja sama yang baik antara berbagai pihak dan komitmen mereka terhadap kesejahteraan satwa. Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan dan Lembaga Konservasi CSC mengucapkan terima kasih atas bantuan dan partisipasi semua pihak yang terlibat dalam proses ini”, ujar Ir. Jusman.

"Proses pemindahan Aldo berjalan sesuai rencana dan tanpa ada insiden. Ini adalah hasil kerja sama yang solid antara semua tim yang terlibat,", kata Pak Santiago, perwakilan dari Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan.


Proses pemindahan ini merupakan bagian dari upaya Lembaga Konservasi CSC untuk reproduksi, meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan satwa. Dengan dipindahkannya Aldo ke kolam baru bersama Anjani, diharapkan kedua buaya dapat beradaptasi, bereproduksi, dan hidup dalam kondisi yang lebih baik.

Lembaga Konservasi CSC adalah mitra Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan yang memiliki izin lembaga konservasi yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Lembaga ini berdedikasi untuk perlindungan dan pelestarian satwa liar, serta edukasi masyarakat tentang pentingnya konservasi alam.

Sumber: Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan (SIARAN PERS Nomor : SP.14/K.8/TU/Humas/05/2024)

Call Center BBKSDA Sulsel: 08114600883


 


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini