Beruk Resahkan Warga, Petugas Lakukan Mitigasi

Selasa, 30 April 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Petugas memasang kandang jebak

Tanjung Balai, 30 April 2024. Beruk (Macaca nemestrina) meresahkan warga Kota Tanjung Balai. Beberapa media cetak dan media on-line lokal mewartakan, aksi beruk yang jumlahnya diperkirakan lebih dari 1 individu  sudah menyerang dan melukai warga, dan warga pun sudah menyampaikan laporan kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara tentang peristiwa interaksi negatif tersebut sembari memohon penanganan.

Menindaklanjuti laporan warga, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran menurunkan petugas untuk melakukan langkah-langkah mitigasi,  pada tanggal 18-19 April 2024. Di lokasi, petugas berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjung Balai. Kemudian Tim melakukan peninjauan lokasi, terutama tempat-tempat yang sering disinggahi oleh satwa beruk sambil mengumpulkan bahan dan keterangan dari warga. Berdasarkan informasi yang diperoleh, beruk yang melakukan interaksi negatif dengan warga diduga sebanyak 4 individu, dengan perkiraan 1 berkelamin jantan dan 3 lainnya berkelamin betina. Tim memasang kandang jebak di dua lokasi, yaitu 1 kandang di areal Kantor Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tanjung Balai dan 1 kandang lainnya di daerah rumah warga Jl. Pepaya Kota Tanjung Balai. Kedua tempat ini acap kali disambangi beruk.

Pemasangan kandang jebak kedua

Dari pengamatan petugas, kejadian interaksi negatif ini kerap terjadi di Kota Tanjung Balai karena masih adanya masyarakat yang memelihara beruk, bahkan petugas Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran sudah pernah menerima penyerahan satwa ini sebanyak 3 kali dari warga, karena sudah merusak dan mengganggu kenyamanan warga sekitar. Oleh karena itu petugas sudah berulang kali mengingatkan warga untuk tidak memelihara satwa liar ini. Dan sampai saat ini masih terus dilakukan pemantauan keberadaan beruk.

Sumber : Laura Debora Siallagan, S.Hut. (PEH Ahli Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara



Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini