Warga Namorambe Serahkan Kukang Ke BBKSDA Sumut

Kamis, 15 Februari 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Namorambe, 15 Februari 2024. Bermula dari adanya informasi tentang warga jalan Eka Surya, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, yang memiliki 1 (satu) individu satwa liar dilindungi jenis Kukang (Nycticebus coucang). Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort Pelabuhan Laut Belawan pada Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, menyambangi lokasi dan bertemu dengan Sandy Cuaca, pemilik Kukang tersebut, pada Selasa 13 Februari 2024.

Dalam keterangannya kepada petugas, Sandy Cuaca mengungkapkan bahwa Kukang didapatnya dari kebun, dan  kemudian dipelihara. Karena ketidaktahuannya, Sandy sempat pula mengiklankannya di sosial media hendak di perjualbelikan dan berharap ada orang yang akan membelinya. Petugas kemudian memberikan sosialisasi bahwa Kukang merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi undang-undang sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Yang Dilindungi. Setelah menerima penjelasan dan memahaminya, Sandy bersikap kooperatif dan kemudian dengan sukarela menyerahkan satwa tersebut kepada petugas. 

Usai menandatangani Berita Acara Penyerahan, Kukang selanjutnya dievakuasi dan  dititipkan ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit untuk dilakukan pemerikasaan kesehatan serta rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan kembali kehabitat alaminya. Penyerahan Kukang ini juga dalam rangka memperingati Hari Primata Indonesia, yang biasa diperingati setiap tanggal 30 Januari. Melalui momentum peringatan Hari Primata Indonesia  diharapkan meningkatnya kesadaran masyarakat bahwa primata bukan satwa peliharaan, karena hobi memelihara primata memberikan andil bagi kepunahan satwa dilindungi tersebut. Disamping itu, masyarakat juga perlu menyadari bahwa melestarikan primata juga perlu melestarikan habitatnya.

Sumber : Zakaria, SP (Kepala Resort Pelabuhan Laut Belawan) dan Fuad Khalil Harahap, S.Hut. (Polhut Ahli Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4.5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini