Translokasi Orangutan Sumatera Dari PKRO Sibolangit Ke SRO Jantho

Kamis, 15 Februari 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Salah satu Orangutan yang ditranslokasi ke SRO Jantho

Sibolangit, 15 Februari 2024. Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama lembaga mitra kerjasama Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) kembali melakukan translokasi 3 (tiga) individu Orangutan Sumatera (Pongo abelii) dari Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan (PKRO), Batu Mbelin, Sibolangit, Provinsi Sumatera Utara ke Stasiun Reintroduksi Orangutan Sumatera (SRO), Jantho Provinsi Aceh, pada Senin, 12 Februari 2024 melalui jalur/jalan darat.

Adapun ketiga individu Orangutan Sumatera tersebut adalah : Maret, berumur sekitar 10 tahun dengan berat badan 48,88 kg, Fiona, diperkirakan berumur 6-7 tahun dengan berat badan 26,48 kg, serta Kobocan, diperkirakan berumur 6-7 tahun dengan berat badan 25,18 kg. Sebelum ditranslokasi, ketiganya terlebih dahulu  dilakukan pemeriksaan kesehatan, pengecekan suhu tubuh, penimbangan berat badan, dan pemasangan microchip.

Pemindahan ketiga individu orangutan ini untuk melanjutkan program rehabilitasi di Forest school agar siap dilepasliarkan ke hutan Jantho, Aceh. Selama di SRO, orangutan akan ditempatkan di kandang habituasi sehingga dapat menyesuaikan diri di lokasi baru, untuk nantinya dilepasliarkan. Kegiatan  pelepasliaran merupakan pengembalian satwa ini ke daerah asal (habitat alaminya).

Sumber : Rizki Pramana Putra (Polhut Pemula) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4.5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini