Buaya Terperangkap Dalam Bubu, Direscue Petugas

Senin, 12 Februari 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Besilam, 12 Februari 2024. Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, Rabu (7/2), menerima laporan dari Camat Padang Tualang dan Kepolisian Sektor (Polsek) Padang Tualang, Kabupaten Langkat perihal terperangkapnya 1 (satu) ekor buaya ke dalam bubu milik salah seorang nelayan, Alif, warga Dusun 2 Desa Besilam di Sungai Kuala Besilam, Kabupaten Langkat.

Petugas Seksi Konservasi Wilayah II Stabat merespon cepat  laporan tersebut dengan menurunkan Tim dengan menyambangi lokasi dan berkoordinasi dengan Kepala Desa Besilam. Buaya Muara (Crocodylus porosus) yang diamankan oleh warga dalam keadaan terikat dengan tali, terlihat dalam kondisi lemas dan tidak agresif serta kulit cenderung kering. Buaya tersebut dititip di kantor Desa Besilam.

Melihat kondisi satwa dan hasil musyawarah dengan warga, buaya kemudian diserahkan kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk dirawat dan direhabilitasi. Selanjutnya petugas merescue satwa dilindungi undang-undang ini dan menitipkannya di kandang transit yang ada di kantor Seksi Konservasi Wilayah II Stabat untuk mendapatkan perawatan dan rehabilitasi.

Sumber : Parulian Situmorang, S.Hut. (PEH Ahli Muda) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini