Demi Keamanan Warga, Petugas Pasang Perangkap Buaya

Jumat, 02 Februari 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Petugas sedang memasang perangkap

Batubara, 2 Februari 2024. Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran memperoleh informasi via WhatsApp (WA) audio dari Juniarti, warga Desa Gambus Laut, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batubara,  Rabu (31/1) silam, yang melaporkan adanya penampakan buaya yang melintas dari pinggiran muara sungai dan muncul ke permukaan, sehingga membuat masyarakat resah. Penampakan ini sudah kerap kali terlihat dan warga khawatir akan menyerang anak-anak yang sering mandi di sekitar sungai penampakan buaya tersebut. 

Menindaklanjuti laporan dimaksud, petugas Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran melalui Resort Pelabuhan Tanjung Balai pada Kamis, (1/2), sekitar pukul 09.30 WIB, berangkat menuju lokasi tempat kejadian, dan tiba di Balai Desa Gambus Laut sekitar pukul 11.00 Wib. Tim berkoordinasi dengan Kepala Desa serta Kepala Dusun dan hasilnya disepakati untuk memasang perangkap dengan umpan 1 ekor ayam. Tim kemudian memasang perangkap dengan tali yang sudah dimodifikasi dengan racikan umpan dan disebarkan ke 3 titik lokasi yang sering ditemukannya penampakan buaya. 

Selanjutnya Tim juga memberikan sosialisasi kepada warga yang hadir di lokasi pemasangan perangkap  agar mengurangi aktifitas selama perangkap dipasang, dan untuk anak-anak dihimbau agar tidak mandi di sungai. Sampai saat ini Tim masih terus memantau perkembangannya.

Sumber: Farid Ali, S.Hut. (Kepala Resort Pelabuhan Tanjung Balai, SA. Sei Ledong dan CA. Batu Ginurit) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini