Evakuasi Buaya di Areal Perusahaan

Selasa, 23 Januari 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Torgamba, 23 Januari 2024. Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara menerima laporan dari salah satu perusahaan perkebunan sawit swasta  PT. Asam Jawa tentang penampakan Buaya di sekitar areal perusahaan tersebut, tepatnya di Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, pasca terjadinya banjir, pada Kamis 18 Januari 2024. Buaya sudah meresahkan warga dengan jatuhnya korban 1 ekor hewan ternak peliharaan, sapi yang dimangsa oleh satwa buas tersebut.

Menindaklanjuti laporan dimaksud, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang langsung menyambangi lokasi dan berkoordinasi dengan pihak PT. Asam Jawa sekaligus mengecek lokasi penampakan buaya. Usai pengecekan disepakati bahwa pihak PT. Asam Jawa  berkenan menyiapkan alat bantu untuk mengevakuasi buaya berupa jaring dan tanggok model besar,

Setelah jaring dipasang, akhirnya pada  Sabtu, 20 Januari 2024, buaya berhasil masuk ke dalam perangkap jaring di lokasi kanal milik PT. Asam Jawa. Dengan dibantu warga dan karyawan PT. Asam Jawa, Tim berhasil mengevakuasi 1 (satu) ekor Buaya Senyulong (Tomistoma schlegelii) sekitar pukul 16.30 Wib. Selanjutnya, keesokan harinya Minggu, 21 Januari 2024, buaya dievakuasi dan dititip ke Taman Hewan Pematangsiantar untuk mendapatkan perawatan.

Petugas menyampaikan apresiasi dan terima kasih  kepada pihak PT. Asam Jawa dan warga atas dukungan dan kerjasamanya sehingga pelaksanaan evakuasi berjalan dengan lancar, dan menghimbau bila nantinya menemukan kembali penampakan buaya agar segera melaporkan kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara terdekat agar ditindaklanjuti penanganannya. 

Sumber : Suyono, SH., M.Si. (Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara



Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini