Jejak Si Belang Ditemukan, Petugas Beri Sosialisasi

Jumat, 19 Januari 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Sosopan, 19 Januari 2024. Bermula dari laporan warga  Desa Banua Tongah, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padanglawas dan anggota Babinsa  Sosopan kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang, tentang adanya temuan jejak satwa liar yang diduga Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae).

Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang segera menuju lokasi pada Kamis, 18 Januari 2024, dan berkoordinasi dengan Kepala Desa, Sekretaris Desa, Babinsa Sosopan serta warga, yang dilanjutkan dengan pengecekan lokasi ditemukannya jejak harimau tersebut. Berdasarkan pemantauan, lokasi penemuan jejak berada di kawasan hutan lindung.

Petugas memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada warga untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam melakukan kegiatan aktivitas perladangan. Sebaiknya menghindari kegiatan terutama di sekitar lokasi penemuan jejak, karena status areal tersebut adalah hutan lindung, yang mungkin juga menjadi areal/jalur jelajah satwa liar, termasuk Harimau Sumatera. Warga juga diingatkan untuk tidak melakukan perbuatan/tindakan yang dapat mengancam keselamatan harimau, karena satwa ini termasuk jenis yang dilindungi. Dan bila menemukan adanya tanda-tanda kehadiran si raja hutan agar segera menghubungi petugas ataupun pihak-pihak terkait lainnya. Sampai saat ini petugas masih terus memantau perkembangan di lapangan.

Sumber : Nurdiono dan Jonson Sinukaban (Staf Resort SM. Barumun III) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini