Awal Tahun, TWA Sibolangit Disambangi UIN Sumatera Utara

Selasa, 16 Januari 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Sibolangit, 16 Januari 2024. Pada Kamis, 11 Januari 2024, sebanyak 105 mahasiswa/i  Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)  Medan Jurusan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan   didampingi  9 orang dosen, menyambangi kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit.  Kunjungan mahasiswa dan dosen  UINSU  ke TWA Sibolangit merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahunnya sebagai upaya mengenalkan hutan konservasi dan lingkungan kepada generasi muda penerus bangsa khususnya mahasiswa/i baru.

Berbagai kegiatan dilaksanakan pada kunjungan kali ini, yang didampingi petugas Resort TWA Sibolangit,  berupa pengenalan potensi kawasan TWA Sibolangit, diskusi dan diakhiri dengan   penanaman bibit pohon  jenis duku, durian dan mahoni. Penanaman pohon ini  sebagai bukti  UINSU turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan, sebagaimana tema  kunjungan kali ini “ Hijau Bumiku”, dengan tujuan berperan untuk melestarikan lingkungan dan memberi manfaat untuk kehidupan manusia.  Selain itu juga giat menanam pohon ini dilakukan untuk mencegah banjir dan longsor. Pohon yang ditanam kelak tumbuh  dan berfungsi sebagai penyerap berbagai macam polusi sehingga udara menjadi bersih, tutur perwakilan Dosen UINSU pada sambutannya.

Kawasan TWA Sibolangit sebagai kawasan konservasi dibawah pengelolaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara kini terus berbenah, dan di tahun 2024 siap menyambut kunjungan baik dari kalangan pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum yang ingin belajar tentang konservasi alam, flora dan fauna beserta ekosistem, karena kawasan ini merupakan salah satu kawasan edukasi dan wisata konservasi alam unggulan di Sumatera Utara.

Sumber : Samuel Siahaan, SP. (PEH) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini