Refleksi Akhir Tahun 2023, UPT KLHK Sulsel Lakukan Penanaman Pohon di Kabupaten Barru

Sabtu, 30 Desember 2023 BBKSDA Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan, 30 Desember 2023. Dalam upaya memanfaatkan momentum musim penghujan yang bergulir mulai Desember 2023 untuk mengantisipasi perubahan iklim dan menjaga keberlanjutan lingkungan hidup, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia. 

Penanaman Pohon serentak sepanjang musim penghujan 2023/2024 ini merupakan arahan Bapak Presiden Republik Indonesia yang merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam upaya meningkatkan keseimbangan ekosistem, memitigasi dampak perubahan iklim, dan melindungi keanekaragaman hayati di Indonesia. 


Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc dalam sambutannya secara tertulis menyampaikan, “Penanaman serentak ini sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan percepatan rehabilitasi hutan dan lahan, sekaligus membangkitkan semangat, motivasi dan menggerakkan seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon.”

Penanaman pohon serentak di Provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan di Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Hadir mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Ilyas Asaad, MP., MH selaku Tenaga Ahli Menteri LHK Bidang Legislasi, Legal dan Advokasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulsel mewakili Pj. Gubernur Sulsel. Bupati Barru diwakili oleh Sekda, Para Kepala UPT KLHK Provinsi Sulsel, Green Ambassador, Saka Wanabakti, Pegawai lingkup KLHK Sulsel, dan Kelompok Kebun Bibit Rakyat (KBR). Penanaman dilakukan dengan kontrol teknis dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Jeneberang Saddang.

Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, Ir. Jusman menyampaikan, "Penanaman pohon ini adalah langkah signifikan dalam menjaga keberlanjutan ekosistem dan untuk menciptakan dampak positif yang luar biasa terhadap lingkungan kita. Pohon yang kita tanam pada hari ini akan menjadi warisan berharga bagi generasi mendatang."

Bersamaan dengan kegiatan menanam juga dilakukan penyerahan petikan Keputusan Menteri LHK No.121/2023 tentang Penetapan Green Ambassador kepada 1.994 pelajar dari 1.068 sekolah di Indonesia kepada para Green Ambassador yang berasal dari Sulawesi Selatan. Para Green Ambassador merupakan generasi muda yang akan menjadi pioner hebat, agen perubahan dan pemimpin masa depan. Penting bagi Indonesia mempersiapkan generasi muda yang kreatif, produktif, inovatif dan berdedikasi untuk melestarikan lingkungan hidup dan kehutanan.


Sumber: Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini