Upacara Peringatan Kemerdekaan Gede Pangrango

Jumat, 18 Agustus 2017

Cibodas (17/8/2017). Sebagaikan ungkapan rasa syukur dan kegembiraan bahwa Negara kita sudah merdeka (17 Agustus sekarang ini kita sudah 72 tahun merdeka), bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya.  Demikian pula warga Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ikut memeriahkan hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) al. melalui upacara bendera dilaksanakan secara sederhana, namun penih khidmat.  Acara ini diikuti seluruh personil lingkup  Balai Besar TNGGP.

 Upacara peringatan hari kemerdekaan NKRI di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango kali ini dilaksanakan di halaman kantor Balai Besar di Cibodas Cipanas Cianjur. Acara dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Balai Besar TNGGP yang bertindak sebagai inspektur upacara.  Diikuti sekitar 113 personil yang terdiri unsur struktural, fungsional Polhut, Pengendali Ekosistem, Penyuluh, fungsional umum, dan siswa-siswi SLTA yang sedang melaksanakan PKL. 

Sesuai arahan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada upacara kali ini tidak ada sambuatan atau amanat dari inspektur upacara dan pembacaan teks proklamasi, sehingga acara  berlangsung lebih cepat, mulai  dari jam 09.00 s/d jam 10.00 WIB.

Peringatan hari kemerdekaan RI kali ini tidak dimeriahkan dengan acara hura-hura dan hiburan seperti lomba-lomba,  sebagai gantinya dilaksanakan operasi bersih gunung yang berlangsung tiga hari, mulai tanggal 15 sampai 17 Agustus 2017.  Hal ini dimaksudkan untuk memberikan contoh yang baik pada masyarakat sekitar, bahwa untuk peringatan kemerdekaan tidak perlu berhura-hura (yang memerlukan biaya besar), yang penting kita menyadari bahwa kita sudah merdeka dan perlu diisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

Sumber: Balai Besar TNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini