Masyarakat Desa Penyangga TN Ujung Kulon Deklarasikan Dukungan untuk Selamatkan Badak Jawa

Kamis, 21 Desember 2023 BTN Ujung Kulon

Ujung Kulon, 20 Desember 2023. Kelompok masyarakat Daerah Penyangga TN Ujung Kulon di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Cimanggu menyampaikan dukungan terhadap penyelamatan Badak Jawa. Dukungan tersebut disampaikan dalam acara Sosialisasi Peraturan dan Kebijakan Pengelolaan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang berlangsung pada Selasa (19/12/2023) dan Rabu (20/12/2023). 

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh Musyawarah Pimpinan Kecamatan (MUSPIKA) dan kelompok masyarakat Daerah Penyangga Kecamatan Sumur dan Kecamatan Cimanggu. Para peserta sosialisasi menyampaikan dukungan mereka dalam bentuk  penandatanganan Deklarasi Penyelamatan Badak Jawa.


Kepala Balai TNUK membuka kegiatan sosialisasi, Selasa (19/12/2023)

Tidak hanya masyarakat di Desa Penyangga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Cimanggu, Deklarasi Penyelamatan Badak Jawa ini juga ditandatangani oleh Kapolsek Cimanggu, Kapolsek Sumur, Babinsa Sumur-Cimanggu, Danposal Sumur, Dansatgas Marinir Pulau Deli, Satpol Airud, Ketua MUI Kec. Sumur dan Cimanggu, Kepala Puskesmas Kec. Sumur dan Cimanggu, Korwil Disdikpora Kec. Sumur dan Cimanggu, Koordinator Penyuluh Dinas Pertanian Kec. Sumur dan Cimanggu.

Dalam Deklarasi Penyelamatan Badak Jawa berisi poin-poin kesepakatan dan komitmen bersama berbagai pihak untuk ikut serta dalam menjaga keutuhan dan kelestarian TNUK beserta ekosistem di dalamnya. Memedomani peraturan perundang-undangan atau regulasi yang berlaku di dalam pengelolaan kawasan TNUK, dan utamanya para pihak sepakat dan mendukung penyelamatan Badak Jawa sebagai warisan dunia di Indonesia.

Kepala Balai TNUK, Ardi Andono, menyampaikan agar masing-masing pihak dapat saling berkomitmen, menjalin komunikasi dan puncaknya membangun kolaborasi dalam Upaya Penyelamatan Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon.


Kepala Balai TNUK berfoto bersama masyarakat Desa Penyangga Kecamatan Sumur dan Kecamatan Cimanggu, Rabu (20/12/2023)

Dukungan mengalir dari MUSPIKA dan kelompok masyarakat yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut untuk penyelamatan Badak Jawa di TNUK. Dalam dialog bersama Kepala Balai TNUK, peserta yang hadir sepakat dan berkomitmen untuk menjalankan poin-poin yang tertuang dalam deklarasi tersebut. Tujuannya adalah untuk menjaga kelestarian alam di TNUK dan utamanya Badak Jawa yang merupakan salah satu warisan dunia yang hanya ada di TNUK.


Sumber: BTN Ujung Kulon

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini