BKSDA Kalsel Tingkatkan Kapasitas SDM Pemandu Wisata dan Pengelolaan Jasa Wisata Alam Lewat Bimtek

Selasa, 12 Desember 2023 BKSDA Kalimantan Selatan

BANJARBARU, 5 Desember 2023. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pemandu wisata dan pengelolaan jasa wisata alam di Banjarbaru pada Selasa, 5 Desember 2023. 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi dan dihadiri oleh Ketua Litbang DPD ASITA Kalimantan Selatan Dewi Setiawati, Kepala resort Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Bakut, kepala resort TWA Pulau Kembang, kepala resort TWA Pulau Burung dan Pulau Suwangi, petugas resort TWA Pelaihari serta perwakilan dari kelompok wisata Bakut Lestari, kelompok wisata Kembang Sejahtera, Pokdarwis Pulau Burung, kelompok jasa wisata Maju Bersama, Fotografer dan Redaktur Harian Radar Banjarmasin.


Foto: Narasumber dan peserta bimtek/BKSDA Kalsel

Dalam sambutannya, Dr. Mahrus menyampaikan tujuan kegiatan bimbingan teknis ini bukan hanya untuk meningkatkan profesionalisme SDM BKSDA, tapi juga meningkatkan komunikasi kekerabatan dengan para peserta, yang sebagian besar adalah pemandu wisata dan pengelola TWA.  Selain itu, Dr. Mahrus juga menyampaikan bahwa pada kegiatan kali ini BKSDA menghadirkan beberapa narasumber yang berkompetensi di bidangnya, seperti Ketua Litbang DPD ASITA Kalimantan Selatan Dewi Setiawati, Fotografer Harian Radar Banjarmasin Wahyu Ramadhan dan Redaktur Harian Radar Banjarmasin Muhammad Syarafuddin. Dr. Mahrus berharap, peserta yang sebagian adalah perwakilan kelompok binaan BKSDA Kalimantan Selatan, dapat menularkan ilmu yang diperoleh dalam bimtek ini kepada anggota kelompoknya.

Kepala Litbang DPD ASITA Kalimantan Selatan, Dewi Setiawati menjelaskan bahwa pemandu wisata harus memiliki sikap mental yang baik, pekerja keras, ulet disiplin dan rajin dalam memandu para pengunjung dan selalu menjunjung nilai-nilai budaya lokal yang ada ditempat tersebut. Pemandu wisata juga harus bisa menemani, mengarahkan, membimbing dan menyarankan wisatawan ditengah-tengah ketidaktahuannya.

Salah satu peserta dari kelompok Darwiskon TWA Busuwa, Elmi mengatakan bimtek ini menambah banyak pengetahuan dan memotivasi dirinya untuk lebih baik lagi dalam pelayanan pengunjung. Elmi berharap bimtek seperti ini bisa dilaksanakan di masing-masing TWA agar semua bisa dipraktikkan langsung bersama anggotanya.

Sumber: BKSDA Kalsel

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini