Kemunculan Buaya di Batubara, Petugas Imbau Warga Waspada

Rabu, 06 Desember 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Batubara, 6 Desember 2023. Interaksi negatif warga dengan buaya kembali terulang dan kali ini terjadi di Desa Guntung, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara. Peristiwa ini terjadi pada Senin, 4 Desember 2023, sekitar pukul 14:30 Wib. Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran menerima  laporan via WA dari staf Balai Desa Guntung tentang adanya buaya yang menyerang warga,  beruntung korban tidak mengalami luka parah, hanya cedera di bagian lutut serta sudah mendapat perawatan dari bidan desa. Korban disebutkan hendak mencari kepiting di daerah perkebunan sawit dan mangrove.

Disaat petugas sedang dalam perjalanan menuju lokasi kejadian,  kembali petugas menerima laporan sekitar pukul 15:35 Wib, bahwa buaya berhasil ditangkap dan sebagai bentuk pelampiasan emosi, buaya kemudian diamuk warga hingga mati. Warga diduga panik mengingat peristiwa ini langka, belum pernah terjadi sebelumnya, dan khawatir akan membahayakan jiwa dan menimbulkan korban baru.

Setibanya di lokasi, pukul 18:05 Wib,  petugas langsung berkoordinasi dengan Kepala Desa Guntung dan mengumpulkan keterangan serta informasi. Petugas juga menyampaikan sosialisasi serta edukasi kepada warga dan juga perangkat Desa Guntung, personil TNI Angkatan Laut (TNI-AL) serta petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam menjalankan aktivitas. Sedapat mungkin menghindari kegiatan di sekitar muara sungai yang ada di lokasi  apalagi saat ini kondisi cuaca kurang baik dengan tingginya curah hujan. Bila harus melakukan aktivitas, sebaiknya dilakukan secara berkelompok. 

Sosialisasi kepada warga

Tak lupa, petugas pun menghimbau untuk kedepannya tidak lagi melakukan tindakan yang mengancam terhadap kehidupan satwa liar Buaya Muara (Crocodylus porosus), mengingat satwa ini termasuk jenis yang dilindungi undang-undang. Dan bila menemukan adanya indikasi penampakan/perjumpaan agar segera menginformasikannya kepada petugas. Warga juga meminta kepada petugas agar membuat papan/plang larangan ataupun  himbauan, khususnya di titik-titik muara sungai tempat warga mencari kerang.

Usai memberi sosialisasi, perangkat Desa Guntung menyerahkan buaya yang telah mati dibalut (dibungkus) dengan kain terpal. Petugas segera  mengamankan bangkai buaya dan mengevakuasinya ke kantor Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran guna dikubur.

Sumber : Farid Ali, S.Hut. - Polhut Ahli Pertama Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini