Optimalisasi Tata Kelola Pendakian, BBTNGGP Luncurkan "SIAP GEPANG"

Kamis, 19 Oktober 2023 BBTN Gunung Gede Pangrango

Cibodas, 18 Oktober 2023.  Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) terus menerus melakukan upaya demi optimalisasi pengelolaan pendakian di TNGGP. Bertempat di Cibodas, diselenggarakan Soft Launching Sistem Aplikasi Pendakian Gede Pangrango disingkat “SIAP GEPANG”, Rabu (18/10). Tak kurang dari 40 orang hadir yang terdiri dari Direktorat PJLKK, Pejabat Eselon III dan IV lingkup BBTNGGP, Area Manager Bandung Raya Bank Syariah Indonesia (BSI), Kepala BSI Cabang Cipanas, Federasi Mountainering Indonesia (FMI), Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), Volunteer Montana, Volunteer GPO, Volunteer Panthera, Pegiat Alam Bebas Harley B Sastha dan Jurnalis lingkup Kabupaten Cianjur.


Kepala Balai Besar TNGGP yang membuka langsung acara ini menyampaikan beberapa hal antara lain:

  1. SOP pendakian saat ini telah diperbaiki dan disempurnakan.
  2. Pemasangan CCTV untuk pemantauan dan pengawasan aktivitas pendakian.
  3. Edukasi kepada pendaki akan terus dilakukan bersama mitra.
  4. Apresiasi untuk stakeholder terutama Bank BSI atas dukungannya dalam pembangunan aplikasi booking online pendakian.

Trade marknya TNGGP adalah pendakian, dengan adanya sistem aplikasi pendakian gede pangrango ini diharapkan dapat mendukung perubahan tata Kelola pendakian di TNGGP secara komprehensif” Ucap Sapto Aji Prabowo, Kepala Balai Besar TNGGP.

Setali tiga uang, pernyataan Area Manager Bandung Raya BSI yang berkomitmen mendukung peningkatan pengelolaan pendakian TNGGP pun terlontar "Tidak hanya pembuatan aplikasi booking ini, namun kedepan tidak menutup kemungkinan adanya pembangunan sarana dan prasarana di jalur pendakian TNGGP oleh BSI" Imbuh Nasori.

Kepala Sub Direktorat Pemanfaatan Jasa Wisata Alam, Agung Nugroho yang hadir mewakili Direktur PJLKK dalam sambutannya mengapresiasi langkah BBTNGGP yang telah berinovasi untuk perbaikan tata kelola pendakian, diantaranya dengan melakukan pembaruan sistem booking melalui aplikasi SIAP GEPANG ini. Namun beliau juga menambahkan, tentu harus diiringi juga dengan upaya edukasi, pengawasan dan pengamanan pengunjung, pengelolaan sampah yang lebih baik sehingga jargon “Gunung bukan tempat sampah” bisa terwujud, peningkatan kapasitas SDM serta upaya-upaya lain untuk meningkatkan kualitas pengelolaan wisata alam khususnya pendakian di TNGGP ini. Pada kesempatan yang baik ini juga Kasubdit PJWA sekaligus melaunching "SIAP GEPANG".

Dalam simulasi aplikasi, Ali Mulyanto menjelaskan bahwa keunggulan dari sistem aplikasi booking online ini yaitu user-friendy (sangat mudah dan tidak ribet dalam pendaftaran pendakian), up to-date ( UI dan UX sudah kekinian mengikuti zaman sekarang), Multi Platform (bisa menggunakan device apapun baik di desktop maupun mobile (android maupun ios), broadcast via whatsapp, pembayaran sangat mudah via virtual-account atau Qris, pendaftaran berdasarakan NIK dan memiliki fiture blacklist.

Kontribusi nyata dari berbagai pihak dalam mewujudkan tata kelola pendakian TNGGP yang professional sampai kapanpun akan terus dibutuhkan.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks  : Agus Deni  @agustdenie

Foto  : Tim Publikasi BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini