Para Pihak di Magelang Bersatu Padu Memadamkan Karhutla

Rabu, 18 Oktober 2023 BTN Gunung Merapi

Magelang, 17 Oktober 2023 - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), tepatnya di area Gunung Pasir, Srumbung, pada hari Selasa sore, 17 Oktober 2023. Informasi awal berasal dari masyarakat pukul 16.00 WIB. Tim BTNGM selanjutnya bergerak ke lokasi karhut menggunakan mobil slip on dan mobil patroli.  

Sekitar 35 orang dari petugas TNGM dan MMP, Koramil Srumbung, Polsek Srumbung, BPBD Kabupaten Magelang, Damkar Magelang Pos Salam, dan relawan masyarakat bersama-sama memadamkan api. Dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran (slip on TNGM dan Damkar Magelang) serta peralatan manual lainnya, api berhasil dipadamkan pukul 21.12 WIB. 


Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Area terdampak kebakaran di ketinggian 912 mdpl di Zona Rahabilitasi RPTN Srumbung SPTN 1 Magelang ini diperkirakan seluas 8,96 hektar.

Lokasi tersebut juga merupakan lokasi penanaman TNGM bersama Sumitomo tahun 2012-2013 dalam rangka rehabilitasi ekosistem pasca erupsi Merapi tahun 2010 dan juga lokasi penanaman TNGM pasca kebakaran hutan tahun 2019.

Terima kasih kami sampaikan kepada tim BTNGM, BPBD Magelang, Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang, Polsek Srumbung, Polresta Magelang, Koramil Srumbung, Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Masyarakat Peduli Api (MPA), serta masyarakat relawan di wilayah Kabupaten Magelang.


Sumber: Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini