Karhutla di Gunung Lawu, Balai TN Gunung Merapi Turunkan Personil & Logistik

Kamis, 05 Oktober 2023 BTN Gunung Merapi

Yogyakarta, 4 Oktober 2023. Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) berpartisipasi aktif dalam operasi gabungan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kawasan Gunung Lawu, Jawa Tengah bersama personil lain dari Kepolisian, TNI, BPBD Kabupaten Karanganyar, serta relawan dari berbagai kalangan masyarakat lokal, mahasiswa dan perhimpunan SAR serta para pecinta alam. Karhutla di Gunung Lawu berawal dari titik api sisi timur (Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur) yang kemudian menjalar ke kawasan Jawa Tengah meliputi area KPH Surakarta.

Dalam keikutsertaan ini, Balai TN Gunung Merapi mengirimkan 12 personil untuk turut membantu operasi pemadaman karhutla sejak Senin 2 Oktober 2023 yang berkumpul pada Pos Komando Lapangan di Posko Pendakian Lawu Via Candi Ceto. Selain personil, BTNGM juga turut membantu logistik berupa air mineral dan beberapa peralatan manual pemadaman kebakaran hutan.


Pada kesempatan terpisah, Kepala Balai TN Gunung Merapi, Muhammad Wahyudi, menyampaikan bahwa “Karhutla adalah tanggung jawab bersama.  Kita turut serta membantu dalam upaya pemadaman karhutla, dan harus dilakukan secara bahu membahu, sinergitas antar instansi dan institusi yang tentunya dalam satu komando sehingga upaya pemadaman kebakaran hutan bisa lebih efektif”. 

Wahyudi menambahkan, “BTNGM turut serta dalam operasi pemadaman kebakaran hutan di kawasan Lawu, dimana selain posisi wilayah kerja yang berdekatan masih area Jawa Tengah dan DIY, juga sebagai rasa kebersamaan dalam penanganan kebakaran hutan.  Hal ini juga atas arahan Bapak Dirjen KSDAE agar UPT yang berada di wilayah Jawa Tengan dan D.I Yogyakarta untuk bergabung membantu operasi pemadaman kebakaran hutan di kawasan Gunung Lawu” pungkasnya. 

Meski sampai Rabu, 4 Oktober 2023 titik api masih dijumpai, upaya operasi karhut masih dilaksanakan, dan tim relawan Balai TN Gunung Merapi tetap semangat memberikan upaya di lapangan, semoga api segera padam, dapat tertangani dan pastinya seluruh relawan diberikan keselamatan dan kesehatan dalam menjalankan tugasnya.  *****

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Merapi


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini