Tingkatkan Sinkronisasi dan Sinergi Internal, Ditjen KSDAE Laksanakan Rakornis 2023

Selasa, 03 Oktober 2023 Sekretariat Ditjen KSDAE

Jakarta, 3 Oktober 2023 - Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang KSDAE Tahun 2023 di Ruang Rimbawan Gedung Manggala Wanabakti, KLHK, Selasa (3/10/2023). Rakornis ini memiliki tujuan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan segala unsur yang ada di dalam Ditjen KSDAE, menyatukan sinergitas, meningkatkan efektivitas dan membangun ruang diskusi terkait pengelolaan kawasan konservasi.

Rakornis ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan yang telah dilakukan seperti Rapat Evaluasi Capaian Kinerja dan Rapat Koordinasi (Rakor) Tematik Perencanaan Kegiatan lingkup UKE II. Dalam Rakornis tahun ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Ibu Siti Nurbaya Bakar, turut hadir dan memberikan arahan. Dalam sambutan dan arahannya, Menteri LHK menyebutkan jika KSDAE adalah maskot penting bagi KLHK. 

“Menurut saya, KSDAE adalah maskot penting KLHK dan yang paling besar (jumlah wilayah dan UPT-nya). Sosok KLHK sangat tergantung pada sosok KSDAE. Saya ingin kita memperkuat konsolidasi internal atau eksternal di jajaran KSDAE, seluruh elemen yang terlibat dalam konservasi dan kehati,” jelas Menteri LHK dalam sambutan dan arahannya di depan jajaran Direktur dan Kepala Balai lingkup Ditjen KSDAE.

Rakornis 2023 ini dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri sebanyak 235 peserta offline, dan kurang lebih 1.000 peserta online di ruang Zoom. Rakornis 2023 dibagi menjadi empat sesi. Sesi Pertama adalah arahan dari Direktur Jenderal KSDAE dan diskusi yang dimoderatori oleh Sekretaris Ditjen KSDAE. Dalam arahannya, Dirjen KSDAE, Prof. Satyawan Pudyatmoko kembali menekan poin-poin yang disampaikan Menteri LHK.

“Sebagai konservasionis, kita punya value yang harus dipegang, jangan khawatir dikatakan orang kolot, daripada menjadi orang modern tapi kebablasan dan menghilangkan value yang selama ini kita jaga,” jelas Dirjen KSDAE.

Setelah diskusi Sesi Pertama, Rakornis dilanjutkan dengan Sesi Kedua dengan pemateri dari perwakilan Direktorat Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan, Nur Endah dan Kepala Biro Perencanaan KLHK, Dr. Ir. Apik Karyana, dan hadir secara online perwakilan Direktorat KKSDA, Kementerian PPN/Bappenas, Dadang Jainal Mutaqin. Diskusi yang membahas tentang anggaran ini dimoderatori oleh Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi (RKK), Ahmad Munawir dan berlangsung efektif.

Rakornis lingkup Ditjen KSDAE Tahun 2023 ini dilanjutkan dengan Sesi Ketiga yang membahas isu strategis Bidang KSDAE yang disampaikan oleh enam Eselon II di lingkup Ditjen KSDAE. Setelah Rapat Koordinasi Teknis ini, akan diselenggarakan kegiatan Pemantapan Penyusunan RKA-L/K pada Rabu (4/10/2023).

Rakornis lingkup Ditjen KSDAE ini adalah salah satu upaya untuk memperkuat kesatuan dan sinergi dalam pengelolaan konservasi menuju lebih baik lagi.


Sumber: Setditjen KSDAE


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini