Evakuasi Bangau Tongtong di Pandan

Rabu, 27 September 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Pandan, 26 September 2023. Bermula pada Senin, 11 September 2023 sekitar pukul 10.20 Wib, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung, menerima informasi dari anggota lembaga mitra kerjasama  Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) yang mengiformasikan adanya warga yang menemukan Bangau Tongtong (Leptoptilos javanicus)  di depan rumahnya. 

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Resort Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori beserta staf,  bersama dengan anggota lembaga mitra kerjasama YEL, segera menyambangi lokasi yang diinformasikan, tepatnya di Gang Saroja, Kelurahan Aek Sitio-Tio, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan bertemu langsung dengan warga yang menemukan burung dilindungi tersebut di rumahnya.

Syafrudin Pasaribu, dalam keterangannya kepada petugas menjelaskan bahwa  Bangau Tongtong tersebut mendarat di jalan di depan rumahnya, pada  Jumat 8 September 2023 sore sekitar pukul 17.00 Wib. Saat ditemukan kondisi satwa tidak bisa terbang di bagian sayap terlihat ada memar di tulang sayap sebelah kiri, sehingga diamankan.  Syafrudin mengetahui bahwa satwa ini termasuk jenis yang dilindungi, sehingga melaporkan temuannya tersebut  ke petugas YEL serta petugas Resort Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori. 

Dalam rangka tindakan medis perawatan dan rehabilitasi, petugas kemudian mengevakuasi Bangau Tongtong ini dan dititip rawat di Taman Hewan Pematang Siantar.

Sumber : Lantas Hutagalung (Kepala Resort Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori) dan Duhuso Zendrato (PEH Pemula) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara.


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini